Search

Bawaslu Babel Gelar Jelajah Pengawasan, Bidik Indeks Kerawanan ...

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Bawaslu mengelar jelajah pengawasan dan penguatan sumber daya manusia Pemilihan Umum 2019 untuk mengetahui indeks kerawanan pemilu, agar bisa mengantisipasi potensi pelanggaran pemilu di daerah.

Komisioner Divisi Pengawas Hubungan Antar Lembaga dan Masyarakat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bangka Belitung Andi Budi Yulianto, mengatakan wilayah yang menjadi lokasi jelajah satu di antaranya yakni di Kecamatan Pemali.

" Satu yang menjadi fokus kita di Kecamatan Pemali untuk jelajah pengawasan pemilu," ujar Andi ketika ditemui di Balai Desa BTN Karya Makmur, Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka, Kamis (22/11/2018) 

Diakuinya, ada indikator indeks kerawanan pemilu di daerah seperti di Tempat Pemungutan Suara (TPS) rawan, politik uang keterkaitan dengan daftar pemilih, dan keterlibatan tokoh-tokoh masyarakat dalam pemilu.

Dari beberapa indikator tersebut yang menjadi fokus Bawaslu Babel terkait dengan mata pilih seperti di daerah perbatasan antara Pangkalpinang dengan Kace Timur dan di daerah yang calon legislatif (caleg) nya banyak.

"Kemungkinan bisa saja terjadi persaingan yang kurang fair, bisa saja itu terjadi tetapi mudah-mudahan itu tidak terjadi tetapi itu tetap menjadi fokus kami sehingga jajaran pengawas dari provinsi hingga desa bisa mengantisipasi bentuk pelanggaran yang akan terjadi," jelas Andi.

Untuk itu pihaknya mengundang panwaslu desa dan kelurahan, panwaslu kecamatan, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat guna mengikuti kegiatan jelajah pengawasan Pemilu 2019.

"Harapan kita bisa mengantisipasi apa-apa yang menjadi fokus pengawasan kita terkait dengan potensi pelanggaran dan meminta dukungan dari tokoh masyarakat agar pemilu ini bisa berjalan dengan baik berkualitas dan berintegritas," harap Andi.(*)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://bangka.tribunnews.com/2018/11/22/bawaslu-babel-gelar-jelajah-pengawasan-bidik-indeks-kerawanan-pemilu-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bawaslu Babel Gelar Jelajah Pengawasan, Bidik Indeks Kerawanan ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.