Search

Pemantau Pemilu Luar Negeri Ungkap Banyak Buruh Migran Tulis ...

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seorang buruh migran asal Indonesia, Siti Badriah, menceritakan pengalamannya terkait mengikuti pemilihan umum (pemilu) di luar negeri.

Siti sebelumnya menekuni pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga (PRT) di Brunei Darussalam.

Ia yang kini lebih aktif sebagai pemantau pengawas pemilu di luar negeri, mengatakan banyak dari teman kerjanya di sana yang tidak mengetahui tata aturan mencoblos.

Baca: BNPB: Sebanyak 8.110 Orang Eksodus dari Palu

"Pekerja di sana banyak yang tidak tahu apa pentingnya menggunakan hak pilih. Juga kebanyakan dari mereka malah menuliskan keluh kesah di kertas pemilih," tutur Siti di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Minggu (7/10/2018).

Perempuan tersebut pun menceritakan kalau buruh migran hendak menggunakan hak pilihnya, mesti mendapat izin terlebih dahulu dari majikannya masing-masing.

Baca: Jelang Pilpres, Relawan Jokowi Center Solo Raya Siapkan Seminar Narasi Jahat Hoax Cebong Kampret

"Ikut pemilu mesti dapat izin dari majikan dulu, baru boleh ikut. Tapi ada juga majikan yang baik. Ada yang suka nganter ke TPS (Tempat Pemungutan Suara). Tapi nggak banyak," ucapnya.

Namun, menurut penuturannya, masih banyak pula majikan di Brunei Darussalam yang tidak mengenali surat pemilih dari Indonesia.

"Ada juga majikan yang nggak tahu itu surat apa, makanya tidak dikasihkan," kata Siti.

Baca: Pengamat: Isu Ratna Sarumpaet Tidak Akan Mengakibatkan Pemilih Prabowo Pergi

Siti menerangkan, bahwa ia sudah berhenti bekerja di Brunei Darussalam sejak Agustus 2004.

Kemudian, melanjutkan karirnya sebagai pemantau pengawasan pemilu khusus buruh migran asal Indonesia di Brunei Darussalam sejak 2009.

"Harapan saya kedepannya untuk akses memilih kepada buruh migran itu lebih baik. Kemudian pengawasannya jadi lebih baik," ujar Siti.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/07/pemantau-pemilu-luar-negeri-ungkap-banyak-buruh-migran-tulis-keluh-kesah-di-kertas-pemungutan-suara

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemantau Pemilu Luar Negeri Ungkap Banyak Buruh Migran Tulis ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.