Search

PPLN Taiwan Gelar Sosialisasi Pemilu Bareng Kantor Dagang dan ...

JawaPos.com  – Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taiwan terus melakukan sosialiasi untuk suksesnya Pemilu 2019. Yang terbaru, tim mendapatkan dukungan dari Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taiwan untuk mempersiapkan Pemilu Legislatif dan Presiden Indonesia di Taiwan, Minggu (21/10).

Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taiwan Didi Sumedi mengatakan, Pemilu 2019 harus berjalan sukses di negara seluas 36,197 km persegi itu. “Momentum ini menjadi penting bagi kita semua. Pemilu 2019 adalah penentu kemajuan Indonesia untuk minimal 5 tahun ke depan,” ujar Didi di hotel Cosmos Taipei City, Taiwan.

Bersamaan dengan agenda silaturrahim dengan Kepala KDEI Taiwan yang baru itu, PPLN Taiwan juga memanfaatkannya untuk sosialisasi terkait teknis pemilu 2019. Sosialisasi disampaikan kepada seluruh perwakilan organisasi masyarakat (ormas) Indonesia di Taiwan. Mulai dari cara registrasi hingga pengumuman tentang dibutuhkannya tenaga KPPSLN untuk TPS di seluruh wilayah Taiwan.

PPLN Taiwan Gelar Sosialisasi Pemilu Bareng Kantor Dagang dan Ekonomi
Kepala KDEI, anggota PPLN Taiwan saat sosialisasi Pemilu 2019 (Panwaslu LN Taiwan for JawaPos.com)

“Di Taiwan, nantinya kita punya sekitar 34 TPS yang tersebar di berbagai kota, dan masing-masing TPS membutuhkan KPPSLN lebih dari satu. Yuk, mendaftarkan diri!” kata salah satu anggota PPLN, L. Tri Wijaya.

Untuk diketahui, acara yang diselenggarakan oleh PPLN Taiwan dan berkolaborasi dengan KDEI itu dihadiri tak kurang dari 400 orang undangan. Terdiri dari sekitar 45 perwakilan ormas Indonesia di Taiwan, termasuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) maupun mahasiswa. PMI tidak hanya berasal dari Taipei, banyak dari mereka yang berasal dari kota-kota lain juga sosialisasi.

Supaya lebih menarik, acara sosialisasi juga menampilkan tari tradisional, termasuk lawak dari salah satu grup komedian Jawa. Sosialisasi dibagi menjadi dua bagian. Sesi pertama dengan topik teknis pendaftaran dan seluk-beluk pemilu 2019 oleh PPLN. Kedua, topik kampanye dan pelaporan pelanggaran dalam pemilu yang diisi oleh Ketua Panwaslu LN Taiwan Rahmandhika Firdauzha Hary Hernandha.

“Pada sosialisasi kali ini, kami sengaja juga mengundang Panwaslu LN agar bisa memberikan wawasan secara detail tentang koridor mana saja yang diperbolehkan dan dilarang dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan menjelang Pemilu 2019,” terang Ketua PPLN Taiwan Fadlillah Ahdiyat.

Selain silaturrahim dengan kepala KDEI yang baru, sosialisasi juga dilakukan karena penjaringan data pemilih tetap luar negeri (DPTLN) bagi WNI di seluruh negara diperpanjang hingga pertengahan November 2018. Yang pada akhirnya mengharusnya divisi database dari PPLN di seluruh negara melakukan pembukaan kembali sistem pendaftaran DPTLN.

Keputusan itu dilakukan KPU sebagai tindak lanjut saran dari beberapa partai politik dan Bawaslu yang telah disepakati bersama di bulan September lalu. Harapannya, setelah perpanjangan kedua, penjaringan dan update DPTLN di masing-masing negara bisa lebih dimaksimalkan. Muaranya, dapat meminimalkan permasalahan terkait DPTLN yang menjadi salah satu evaluasi dari pemilu 2014.

(dim/JPC)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.jawapos.com/internasional/29/10/2018/ppln-taiwan-gelar-sosialisasi-pemilu-bareng-kantor-dagang-dan-ekonomi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PPLN Taiwan Gelar Sosialisasi Pemilu Bareng Kantor Dagang dan ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.