Search

KPU Sosialisasi Pemilu 2019 ke Panitia Pemilihan Luar Negeri

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pokja Pemilu Luar Negeri Kementerian Luar Negeri menyosialisasikan Pemilu 2019 ke empat panitia pemilihan luar negeri (PPLN). Yaitu PPLN Johor Bahru, Penang, Singapura, dan Kuala Lumpur.

Baca: LSI Denny JA: Kabar Caleg di Pemilu 2019 Kalah Dibanding Capres

Sosialisasi yang diselenggarakan di Johor Bahru pada Ahad, 4 November 2018 itu dibuka oleh anggota KPU Evi Novida Ginting Manik. Dalam sambutannya, Evi mengatakan bahwa Pemilu 2019 berbeda dengan sebelumnya karena pelaksanaannya secara serentak. Hal ini merupakan tantangan bagi penyelenggara pemilu, khususnya bagi penyelenggara pemilu di luar negeri.

Kalau melihat Pemilu Malaysia, kata dia, negara ini tidak mempunyai penyelenggara pemilu di luar negeri. Oleh karena itu, mereka pulang ke negaranya. "Berbeda dengan Indonesia yang memfasilitasi WNI di luar negeri. Dengan 170 perwakilan, disiapkan seluruh sarana dan prasarana untuk menggunakan hak pilihnya," katanya, Evi Novida.

Evi Novida mengatakan Pemerintah belum mengundangkan Peraturan KPU tentang Pemungutan Suara. Namun, pihaknya sudah melakukan finalisasi dalam tata cara pemungutan suara dan penghitungan suara. Sosialisasi ini, kata dia, untuk memberikan pemahaman terlebih dahulu supaya ada kesamaan bagaimana tata cara pemungutan dan penghitungan suara.

"Metode pemungutan suara harus sama. Namun, pada pemilu kali ini sistem konversi suara menjadi kursi berbeda dari pemilu sebelumnya," katanya.

Ia mengatakan Pemilu 2019 sudah menggunakan "saint lague". Kalau dahulu, dengan sistem kuota, yakni dikumpulkan perolehan seluruh suara sah semua partai, kemudian baru dibagi dengan kursi yang tersedia di daerah pemilihan, lalu diurut secara peringkat partai mana yang mendapatkan kursi sesuai dengan bilangan pembagi pemilih.

Simak: Pemilu 2019, KPU Bantul Imbau Jajaran Tak Swafoto Acungkan Jari

Untuk Pemilu 2019, kata dia, menggunakan bilangan pembagi pemilih 1, 3, 5, 7, dan seterusnya. "Hal ini juga memengaruhi cara perhitungan suara dan menetapkan calon terpilih nanti. Ini yang akan disosialisasikan kepada PPLN," kata Evi Novida.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://pemilu.tempo.co/read/1142847/kpu-sosialisasi-pemilu-2019-ke-panitia-pemilihan-luar-negeri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPU Sosialisasi Pemilu 2019 ke Panitia Pemilihan Luar Negeri"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.