Search

Pramuka Salatiga Bentuk Tim Saka Adyaksa yang Dipersiapkan ...

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA -  Pramuka diminta tetap netral dalam menyambut pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2019 mendatang.

Masih dalam kaitannya dengan itu pula, nantinya Pramuka akan menjalankan tugasnya sebagai Satuan Karya (Saka) Adyaksa Pemilu.

Hal itu disampaikan Ketua Harian Kwartcab Pramuka Kota Salatiga Adhi Isnanto dalam Program Bintek Pengawasan Pemilu Partisipatif Masyarakat dan Pramuka yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Salatiga di Hotel Grand Wahid Jalan Jenderal Sudirman Kota Salatiga, Jumat (5/10/2018).

Baca: Wali Kota Salatiga Saksikan Anak-anak Bermain Dakon Seusai Resmikan CLC

Sesuai keterangan tertulisnya yang diterima Tribunjateng.com, Jumat (5/10/2018) petang, Ketua Bawaslu Kota Salatiga Agung Ari Mursito mengutarakan, demi terciptanya pemilu yang berkualitas perlu adanya peran serta aktif masyarakat dalam kaitannya pengawasan.

“Sebab, terus terang juga, dari sisi personil, kami jumlahnya sangat terbatas dalam hal pengawasan. Itu karena kami gelar kegiatan seperti ini demi lancarnya tahapan-tahapan (proses) pelaksanaan pemilu,” urainya.

Agung menerangkan, urgensi pemilu adalah momentum penentuan kepemimpinan politik dan pemerintah. Lalu membuka ruang partisipasi rakyat dalam politik dan pemerintahan, memperbesar harapan guna memperoleh figur pemimpin.

“Bagaimanapun, pemilu perlu diawasi dan dampak yang diinginkan dengan adanya kegiatan ini adalah terbangunnya kesadaran betapa pentingnya pengawasan pemilu itu. Karena itu, kami sampaikan tentang cara terlibat menyosialisasikan aturan pemilu, hingga memantau pelaksanaannya,” terang Agung.

Dalam penutupannya, Adhi kembali mengutarakan serta mempertegas, Pramuka harus siap dalam tugas apapun. Pramuka secara tidak langsung pun perlu berbangga karena dipercaya untuk berpartisipasi aktif. Dan itu pun telah diwujudkan sebagai awalan berupa penandatanganan nota kesepahaman antara Pramuka dan Bawaslu.

“Dari MoU itu setidaknya pula telah melahirkan satuan tersendiri di Pramuka. Yakni melalui pembentukan Saka Adyasta Pemilu. Kami juga berharap, dari kegiatan ini sinergi khususnya berkait pemilu dapat semakin lebih baik lagi. Pramuka adalah kader pengawas pemilu,” tutupnya. (*)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://jateng.tribunnews.com/2018/10/05/pramuka-salatiga-bentuk-tim-saka-adyaksa-yang-dipersiapkan-untuk-pemilu-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pramuka Salatiga Bentuk Tim Saka Adyaksa yang Dipersiapkan ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.