Search

Soal Medsos Peserta Pemilu, Bawaslu Sulsel: Tak Mesti Pakai Tim ...

Laporan Wartawan Tribun Timur, Abdul Aziz Alimuddin

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan mengaku tidak akan membentuk tim khusus mengawasi akun media sosial (medsos) milik peserta Pemilu 2019.

"Tidak mesti pakai tim khusus untuk mengawasi mereka karena kami adalah pengawas. Tugas pengawasan itu melekat di kami. Rambu terkait kampanye diatur, mana yang dilarang dalam Undang-Undang," tegas Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad, Selasa (9/10/2018).

Baca: Trauma Gempa Susulan, Satu Keluarga Asal Palu Batal Tinggalkan Posko Pengungsian

Jika ada akun medsos resmi dari peserta Pemilu dalam melakukan kampanye, lanjut Saiful Jihad, melakukan hal yang dilarang, maka pihak Bawaslu akan memprosesnya sesuai ketentuan yang ada.

"Tergantung pelanggarannya, jika pelanggaran itu masuk dalam kategori pidana pemilu, maka prosesnya melalui Gakkumdu. Tapi, jika ada unsur pidana umum lainnya, maka akan diserahkan ke kepolisian, termasuk meminta Dinas Kominfo menutup akun itu," tegasnya.

Baca: Evi Masamba Segera Nikah, Siapa Sangka Begini Tanggapan Ivan Gunawan, Komentar Bapak dan Calon Suami

Saiful menjelaskan, bukan tanpa alasan Bawaslu Sulsel tidak membentuk tim khusus untuk mengawasi seluruh kerja-kerja medsos peserta Pemilu.

Menurut Saiful, seluruh anggota Bawaslu Sulsel, anggota bawaslu kabupaten/kota dan seluruh panwascam di 24 daerah di Sulsel adalah pengawas.

"Jadi tidak mesti ada tim, bisa saja informasi awal dan atau laporan kami dapatkan dari masyarakat," ujar Saiful.(*)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://makassar.tribunnews.com/2018/10/09/soal-medsos-peserta-pemilu-bawaslu-sulsel-tak-mesti-pakai-tim-khusus-awasi-mereka

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Soal Medsos Peserta Pemilu, Bawaslu Sulsel: Tak Mesti Pakai Tim ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.