Search

Bawaslu Ingatkan Parpol Jaga Suasana Daerah Jelang Pemilu 2019

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Panwaslu Kabupaten Bangka mengelar sosialisasi kepada para pengurus partai politik (parpol) peserta pemilu 2019, Senin(2/4/2018) di Sekretariat Panwaslu Kabupaten Bangka.

Ketua Banwaslu Babel Edi Irawan mengingatkan agar para pengurus parpol peserta pemilu bisa menjaga suasana aman agar pemilu 2019 bisa berjalan dengan kondusif.

Untuk saat ini parpol peserta pemilu 2019 dilarang melakukan kampanye, karena belum memasuki jadwal kampanye.

"Parpol sekarang masih kategori tahapan pra kampanye. Penilaiannya sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 kegiatan kampanye setelah tiga hari setelah ditetapnya DCT (Daftar Pemilih Tetap--red) oleh KPU. Kegiatan kampanye dalam tahapan pemilu baru mulai 23 September 2018. Setelah tiga hari ditetapkan DCT tanggal 19 September 2018 oleh KPU," jelas Edi.

Sedangkan kampanye di media massa oleh parpol peserta pemilu sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 selama 21 hari sebelum masa tenang, baik di media cetak elektronik maupun medsos.

"Tanggal 17 April 2019 pencoblosan. Jadi dari 24 Maret sampai 13 April 2019 pemasangan iklan kampanye baru boleh di media," kata Edi.

Menurutnya, tujuan kampanye agar parpol dalam kegiatan kampanye memberikan pendidikan politik kepada masyarakat secara bertanggungjawab.

Oleh karena itu, panwaslu dalam melakukan pengawasan kampanye memastikan setiap kegiatan yang dilakukan parpol menegakan keadilan pemilu dan memastikan setiap parpol dalam penyelenggaraan kampanye mendapat tempat dan perlakuan yang adil.

Bawaslu hingga Penyuluh Pengawas Lapangan (PPL) lanjutnya dalam pengawasan hanya memastikan peraturan yang dikeluarkan KPU sebagai regulasi dijalankan.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://bangka.tribunnews.com/2018/04/02/bawaslu-ingatkan-parpol-jaga-suasana-daerah-jelang-pemilu-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bawaslu Ingatkan Parpol Jaga Suasana Daerah Jelang Pemilu 2019"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.