Search

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Jakarta Barat Akan Rekrut Relawan Pemilu - Tribun Jakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBON JERUK - Guna meningkatkan partisipasi pemilih, ‎KPU Kota Jakarta Barat akan merekrut para relawan Pemilu.

Ketua KPU Kota Jakarta Barat, Cucum Sumardi mengatakan para relawan pemilu itu mewakili 11 segmentasi di masyarakat.

Adapun kriteria yang dipilih yakni berdasarkan kelompok keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, penyandang disabilitas, berkebutuhan khusus, marjinal, komunitas, keagamaan, relawan dekokrasi, dan netizen.

"Totalnya akan direkrut sebanyak 55 ‎relawan pemilu dari 11 segmentasi. Jadi setiap segmen ada 4-5 orang yang direkrut," kata Cucum kepada Tribunjakarta.com, Minggu (13/1/2019).

Cucum menjelaskan, nantinya para relawan pemilu itu akan menyosialisasikan tentang pelaksanan Pemilu 2019 kepada kelompoknya masing-masing.

Adapun para relawan pemilu itu akan dikukuhkan pada 17 Januari 2019 atau tepat tiga bulan sebelum pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 digelar pada 17 April 2019. 

"Jadi setelah dikukuhkan mereka itu akan ‎kita instruksikan untuk menyosialisasikan soal pemilu dalam tiga bulan ini agar masyarakat tahu dan mau berpartisipasi," kata Cucum.

Cucum menargetkan, partisipasi masyarakat di Jakarta Barat saat pemilu mencapai angka 77,5%.

Jelang Pemilu 2019, Sejumlah Caleg Berziarah ke Makam Pangeran Jayakarta

Puteri Indonesia Lingkungan Imbau Peserta Pemilu Daur Ulang Alat Peraga Kampanye

Adapun ‎total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan menggunakan hak suaranya di wilayah Jakarta Barat ada 1.738.262 orang terdiri ‎874.776 pria dan 863.486 wanita‎.

Data tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) yang disahkan dalam rapat pleno pada 7 Desember 2018.

"Makanya untuk meningkatkan partisipasi pemilih itu kami melakukan sosialisasi intensif kepada masyarakat, salah satunya melalui relawan pemilu," kata Cucum.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://jakarta.tribunnews.com/2019/01/13/tingkatkan-partisipasi-pemilih-kpu-jakarta-barat-akan-rekrut-relawan-pemilu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Jakarta Barat Akan Rekrut Relawan Pemilu - Tribun Jakarta"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.