Search

Pemilu Dinilai Jadi Ajang "Punishment" dan "Rewards" untuk Anggota DPR - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menilai pemilu seharusnya menjadi ajang untuk memberikan hukuman dan hadiah (punishment and rewards) kepada anggota DPR.

"Kalau kinerja sudah yang paling buruk, itu mestinya kan harus ada perubahan, mumpung ini pesta pemilu. Mestinya pemilu sebagai momentum untuk memberikan punishment and reward harus berjalan," kata Lucius di kantor Formappi, Jakarta Timur, Kamis (31/1/2019).

Ia menjelaskan bahwa hukuman tersebut diberikan kepada anggota parlemen yang tidak bekerja dengan baik selama menjabat.

Caranya, kata Lucius, adalah dengan tidak memilih para anggota tersebut jika mereka mencalonkan diri kembali.

"Punishment untuk mereka yang sudah memerintah harus dengan menganjurkan kepada pemilih, jangan memilih orang-orang yang sudah gagal ketika diberikan mandat untuk menjadi anggota DPR," jelasnya.

Apalagi, Lucius berkaca dari kinerja anggota DPR periode 2014-2019 yang ia nilai sangat tidak memuaskan.

Baca juga: Bawaslu Temukan Gudang Logistik Pemilu di Bekasi Bocor

Kekecewaannya terhadap anggota DPR saat ini antara lain adanya anggota yang kerap bolos dan rendahnya legislasi yang disahkan.

Dengan kondisi itu, ia pun mendorong hadirnya caleg-caleg baru yang berkualitas agar parlemen di periode berikutnya memiliki harapan.

"Oleh karena itu kita butuh kehadiran figur-figur baru tapi sayangnya ruang untuk menghadirkan figur-figur baru ini menjadi sangat terbatas," terang dia.

Hal itu, kata Lucius, masih sulit diwujudkan mengingat pembicaraan mengenai Pileg kerap kali terbungkam oleh gaduhnya Pilpres.


Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://nasional.kompas.com/read/2019/01/31/21130411/pemilu-dinilai-jadi-ajang-punishment-dan-rewards-untuk-anggota-dpr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemilu Dinilai Jadi Ajang "Punishment" dan "Rewards" untuk Anggota DPR - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.