Search

Bawaslu Gelar Rakornas untuk Soliditas Awasi Pemilu 2019 - Tribunnews

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menggelar Rapat Koordinasi Nasional Dalam Rangka Memantapkan Jajaran Aparatur Pengawas Untuk Mengawal Dan Mengawasi Pemilu 2019.

Acara rakornas itu dilangsungkan di Ballroom Krakatau, Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Senin (10/12/2018).

Ketua Bawaslu RI, Abhan, mengatakan pihaknya mengadakan rakornas sebagai upaya memperkuat koordinasi pengawasan pemilu baik tingkat pusat maupun provinsi serta kabupaten dan kota.

"Untuk menyongsong penyelengaraan pemilu yang luber dan jurdil sesuai tagline kami dalam rangka mewujudkan pemilu yang berintegritas," kata Abhan, di Ballroom Krakatau, Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Senin (10/12/2018).

Untuk kegiatan Pemilu 2019, pihaknya sudah melakukan upaya untuk potensi pelanggaran pemilu dengan cara melaunching indeks kerawanan pemilu.

Terdapat empat dimensi mulai dari konteks sosial politik, dimensi penyelenggaran pemilu, dimensi kontestasi dan dimensi partisipasi.

Sejauh ini, dia mengaku, sudah menangani setidaknya 1.247 temuan dan laporan, yang terdiri dari 331 kaporan dan 916 temuan. Menurut dia, jumlah temuan lebih tinggi dibandingkan laporan menunjukkan kerja Bawaslu nyata.

Sebagai upaya meningkatkan aparatur pengawas pemilu melakukan berbagai pelatihan. Untuk penyidikan, pihaknya melakukan pelatihan penyidik di instansi Polri mulai dari tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota hingga tingkat pusat.

Baca: Bawaslu dan Dishub Tangsel Copot Stiker Bergambar Paslon Capres di Angkot

Selain itu, berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, memberikan amanat Bawaslu melakukan akreditas jajaran pemantau. Saat ini, pihaknya sedang mengakreditasi 20 lembaga pemantau pemilu.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://www.tribunnews.com/nasional/2018/12/10/bawaslu-gelar-rakornas-untuk-soliditas-awasi-pemilu-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bawaslu Gelar Rakornas untuk Soliditas Awasi Pemilu 2019 - Tribunnews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.