Search

Ketua DPR usulkan Pemilu gunakan e-Voting - Elshinta.com

Elshinta.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengusulkan Pemilu Indonesia mengunakan sistem e-Voting setelah ada temuan tercecernya KTP elektronik di Duren Sawit, Jakarta Timur, akhir pekan kemarin.

"Kita dorong juga sistem Pemilu kita harusnya melalui sistem e-Voting," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/12), dilaporkan Reporter Elshinta Dody Handoko.

Tercecernya kartu identitas penduduk menimbulkan isu adanya KTP ganda yang akan mempengaruhi jumlah pemilih pada Pemilu 2019.

Dikatakannya dengan e-voting maka duplikasi KTP elektronik bisa dihindari dan tidak dapat dilakukan manipulasi jumlah daftar pemilih dalam Pemilu.

Baca juga: DPR minta Kemendagri serius tangani kasus KTP-el tercecer

"Karena kalau e-Voting input data double pasti direject. Jadi untuk menghindari praktik-praktik manipulasi e-KTP atau duplikasi harusnya semua stakeholders sudah memikirkan pelaksanaan e-Voting untuk Pemilu," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah harus mulai mewacanakan e-voting untuk pemilu-pemilu mendatang dan bisa menghemat biaya penyelenggaraan Pemilu. "Seperti pengadaan bilik suara, pengadaan tinta, kertas, kemudian rekrutmen saksi-saksi yang jumlahnya jutaan dan memakan biaya triliunan. Jadi menurut saya arahnya sudah harus ke sana," paparnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://elshinta.com/news/163160/2018/12/10/ketua-dpr-usulkan-pemilu-gunakan-evoting

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketua DPR usulkan Pemilu gunakan e-Voting - Elshinta.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.