Search

Ini Jumlah Pemilih Pada Pemilu 2019 di Kabupaten Banjar, KPU Minta Warga Pastikan DPT-nya - Banjarmasin Post

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 mendatang di Kabupaten Banjar. Meski demikian, KPU Banjar meminta masyarakat agar memastikan terdaftar sebagai pemilih, sehingga bisa memberikan suaranya nanti pada pemilu 17 april 2019.

Komisioner KPU Banjar Kalsel Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Abdul Muthalib atau yang biasa dipanggil Aziez mengatakan, setelah terdaftar sebagai pemilih warga masyarakat juga diharapkan mengenali para calon anggota DPRD Banjar yang akan mewakili mereka di DPRD Banjar yang terbagi di tiap dapilnya.

“Bagi masyarakat yang sudah terdaftar sebagai pemilih namun pindah dapil untuk memberikan suaranya maka dia tidak akan mendapat surat suara DPRD Banjar, jadi pastikan terdaftar sebagai pemilih dan pastikan akan memilih calon anggota DPRD Banjar sesuai dengan hati nurani dan dianggap mampu mewakili suara masyarakat di DPRD nanti,” kata Aziez, Selasa (25/12/2018).

Baca: Adey Syafrien Dikabarkan Lamar Syahrini, Terungkap Malah Baru Nikahi Wanita Cantik, Reino Barack?

Baca: Bukan dengan Adey Syafrien, Benda Ini Buktikan Syahrini dan Reino Barack Makan Malam di Jepang

Adapun jumlah kursi di DPRD Banjar sebanyak 45 kursi, ada lima daerah pemilihan (dapil). Yakni dapil Banjar satu, Kecamatan Martapura Kota jumlah pemilih sebanyak 85.234 memperebutkan 9 kursi, dapil Banjar dua meliputi Kecamatan Martapuratimur, Aranio, Karangintan dan Astambul ada 9 kursi dengan jumlah pemilih 79.175.

Dapil Banjar tiga ada delapan kursi dengan jumlah pemilih 70.017 meliputi Kecamatan Tatahmakmur, Gambut, Aluhaluh, Beruntungbaru. Dapil Banjar empat ada 10 kursi dengan jumlah pemilih 98.252 meliputi Kecamatan Martapurabarat, Sungaitabuk, Kertakhanyar.

Dapil Banjar lima ada 9 kursi dengan jumlah pemilih sebanyak 81.871 meliputi Kecamatan Mataraman, Simpangempat, Telagabauntung, Pengaron, Sambungmakmur, Sungaipinang, Paramasan, Cintapuridarussalam.

“Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) dua, jumlah pemilih di Kabupaten Banjar pada Pemilu 2019 sebanyak 414.549, terdiri dari pria sebanyak 208.545 sedangkan perempuan sebanyak 206.004. Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang, dan bagi yang belum masuk DPTHP ini segera datangi PPS,” jelasnya.

Mengoptimalkan langkah pendataan sejak dini DPTB dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) sehingga pelayanan hak pilih warga negara dapat terjamin tak ada satupun WNI kehilangan hak pilihnya karena aspek teknis administrasi seperti kehabisan surat suara.

Baca: Di Depan Jenazah Dylan Sahara, Ifan Seventeen Akui Alami Sakaratul Maut Saat Tsunami Banten Lampung

Baca: Karena Presiden Jokowi? Teori Deddy Corbuzier Soal Penyebab Tsunami Banten & Tsunami Lampung

Pihaknya mengirim surat kepada tingkatan paling bawah seperti RT, RW, Dusun, Distrik yang menyampaikan bahwa tahapan DPTHP 2 sudah selesai sehingga masyarakat dapat melakukan pengecekan data dirinya.

Secara bersamaan disampaikan bahwa memasuki tahapan penyusunan DPTB dan DPK, sehingga bagi masyarakat sekitar yang karena kondisi atau keadaan tertentu pada posisi pindah memilih, dapat sejak dini mengurus pindah memilih dan menegaskan bahwa pindah memilih tahap pertama akan direkap bersamaan dengan tahap DPK1 selambat-lambatnya tanggal 28 Desember 2018.

“Mengirim surat terkait informasi tersebut dapat dilakukan secara proporsional kepada pengurus RT, RW, Mantan PPDP, Pantarlih, Dusun, Lingkungan, Nagari. Bisa juga PPS menemui unsur terkait dengan membawa dokumen DPTHP2 untuk mengkonfirmasi apakah masih ada pemilih di TPS yang belum terdaftar,” jelasnya lagi.

Aziez menambahkan, upaya sederhana ini dilakukan secara bersama dalam rentang waktu minggu ini, dimungkinkan pada penyusunan DPK1dan DPTB tahap awal, dapat terdata dengan memadai. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/12/25/ini-jumlah-pemilih-pada-pemilu-2019-di-kabupaten-banjar-kpu-minta-warga-pastikan-dpt-nya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Jumlah Pemilih Pada Pemilu 2019 di Kabupaten Banjar, KPU Minta Warga Pastikan DPT-nya - Banjarmasin Post"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.