Search

Bukan Kardus, KPU Sudah Pakai Kotak Suara Berbahan Dasar Karton Sejak Pemilu 2014 - Warta Kota

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menegaskan, pihaknya menggunakan kotak suara berbahan dasar karton yang kedap terhadap air, untuk Pemilu 2019.

Dia membantah kotak suara yang akan digunakan untuk menampung surat suara saat pemungutan suara pada 17 April 2019, berbahan kardus.

"Pertanyaan itu harusnya diajukan lima tahun lalu, karena kami sudah pakai kotak pakai karton kedap air lima tahun lalu," kata Arief Budiman di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Yakin Istrinya Berzina, Vicky Prasetyo Ingin Cepat-cepat Ceraikan Angel Lelga

Sehingga, dia merasa heran apabila kotak suara itu dipermasalahkan. Sebab, kotak suara berbahan sama telah digunakan di pemilu sebelumnya.

Pada pemilu lima tahun lalu, kata dia, sebagian wilayah telah menggunakan kotak suara kedap air. Sedangkan sebagian wilayah lainnya menggunakan kotak suara berbahan aluminium.

Sebelum menggunakan kotak suara itu, dia mengaku sudah mengkaji, melihat berbagai pertimbangan, masukan, serta evaluasi atas penggunaan sebelumnya.

Ditjen Dukcapil Kemendagri Bongkar Penjualan Blangko KTP Elektronik Secara Online

Dia menegaskan, penggunaan karton kedap air memenuhi persyaratan peraturan. Selain itu, kotak suara aman menjaga kerahasiaan suara pemilih karena cukup kuat, meskipun berbahan dasar karton.

"Menghemat biaya penyimpanan, menghemat biaya produksi, distribusi, banyak penghematanya," papar Arief Budiman.

Sementara itu Komisioner KPU RI Ilham Saputra takjub dengan kotak suara Pemilu 2019 yang terbuat dari kardus tetapi kuat menahan beban hingga 107 kilogram.

"Coba kekuatannya, wah kuat ya. Berat saya 107 kilogram nih. Silakan coba," kata Ilham yang menjajal kotak suara yang selesai diproduksi di PT Karya Indah Multiguna, Jalan Narogong, Cikiwul, Bantargebang, Kota Bekasi, Minggu (30/9/2018) siang.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://wartakota.tribunnews.com/2018/12/15/bukan-kardus-kpu-sudah-pakai-kotak-suara-berbahan-dasar-karton-sejak-pemilu-2014

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bukan Kardus, KPU Sudah Pakai Kotak Suara Berbahan Dasar Karton Sejak Pemilu 2014 - Warta Kota"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.