Search

Mendagri Minta Satpol PP Ajak Masyarakat Berpartisipasi di Pemilu 2019 - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) aktif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019.

Dengan cara ini, menurut dia, dukungan pemerintah daerah dalam Pemilu Serentak 2019 akan berjalan lancar.

"Partisipasi masyarakat harus ditingkatkan. Tugas Satpol PP harus sosialisasikan kepada masyarakat pentingnya menggunakan hak pilih," ujar Tjahjo saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Satpol PP Seluruh Provinsi dalam Rangka Mendukung Pemilu Serentak 2019 di Hotel Media Tower, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Ia mencontohkan, salah satu yang bisa dilakukan Satpol PP adalah mengajak masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP elektronik, untuk segera menghubungi atau mendatangi pihak terkait.

Sebab, hingga kini masih ada yang memiliki KTP ganda.

"Satpol PP juga jemput bola mengajak masyarakat untuk aktif melapor sehingga data Tempat Pemungutan Suara (TPS)-nya jelas. Ada lho kepala daerah yang istrinya tujuh dengan memiliki empat KTP palsu," kata Tjahjo.

Oleh karena itu, untuk menyukseskan Pemilu 2019 yang akan berlangsung dalam 4,5 bulan ke depan, partisipasi masyarakat juga harus digerakkan. Partisipasi tinggi menjadi kunci sukses Pemilu 2019.

Dengan mengerahkan bantuan dari Satpol PP, Tjahjo berharap, perekaman KTP elektronik bisa sampai 100 persen hingga akhir Desember 2018.

"Perekaman KTP-el sudah 97 persen selesai di setiap provinsi, selain Papua yang masih mengalami hambatan karena kondisi masyarakat dan geografis yang sulit. Tapi kami jemput bola sampai akhir Desember ini," ujar Tjahjo.

Tak hanya itu, Tjahjo juga mengingatkan tugas utama Satpol PP lainnya yaitu menjaga ketertiban Pemilu 2019 dan membuat masyarakat aman di wilayahnya masing-masing.

"Itu adalah tugas utama Satpol PP, harus proaktif demi menjaga stabilitas negara dengan terjun ke masyarakat, melakukan pengamanan dan pengamatan serta deteksi dini potensi gangguan yang ada," kata Tjahjo.


Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://nasional.kompas.com/read/2018/12/05/15265911/mendagri-minta-satpol-pp-ajak-masyarakat-berpartisipasi-di-pemilu-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mendagri Minta Satpol PP Ajak Masyarakat Berpartisipasi di Pemilu 2019 - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.