Search

Cak Imin Ajukan 20 Calon Menteri, PDIP Bicara Kinerja Partai di Pemilu - detikNews

Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bakal mengajukan 20 nama calon menteri untuk kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024. PDIP mengatakan keputusan sepenuhnya ada di tangan Jokowi.

"Nggak apa-apa, 100 juga oke. Kan nanti semua yang nentuin Pak Jokowi sesuai kapasitas, harapan, dan kuota masing-masing parpol sesuai maunya presiden, termasuk kinerja PKB selama pilpres dan pileg," kata Sekretaris Badan Pelatihan dan Pendidikan DPP PDIP, Eva Kusuma Sundari kepada wartawan, Jumat (1/2/2019).


Eva menyebut pemberian jatah menteri ke partai juga didasarkan pada kinerja partai tersebut selama Pemilu 2019. Karena itu, dia mengingatkan agar PKB fokus bekerja.
"Jadi sekarang mari genjot dukungan ke pemenangan Jokowi, sehingga kreditnya naik," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno. Ia tak mempersoalkan Cak Imin yang mau mengajukan 20 nama calon menteri dari PKB. Namun ia juga mengingatkan agar PKB tak jadi sekadar 'makelar jabatan'.

"Yang harus dihindari adalah menggunakan partai sebagai makelar jabatan. Meski susah dihindari, ada saja pihak-pihak yang suka 'dagang pengaruh'," ujar Hendrawan.

"Partai-partai besar hendaknya tetap menggunakan parameter integritas, kompetensi, dan kepemimpinan teruji dan terpuji ketika menyorongkan nama-nama kelada presiden terpilih," imbuh dia.


Sebelumnya, Cak Imin menyebut PKB bakal mengajukan 20 nama sebagai calon menteri bila Jokowi-Ma'ruf Amin menang Pilpres 2019. Tapi keputusan penentuan jatah menteri diserahkan kepada Jokowi.

"Ya, kita ngajukan 20 menteri. Berapa yang diterima, ya, terserah Pak Jokowi," ujar Cak Imin, Kamis (31/1).

Perkara soal menteri itu juga sempat disinggung Cak Imin saat bertemu dengan jemaah Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Minggu (27/1). Dia meminta dan berharap supaya partainya mendapat jatah 10 menteri kabinet jika Jokowi jadi presiden periode 2019-2024.
(tsa/mae)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.detik.com/berita/4410302/cak-imin-ajukan-20-calon-menteri-pdip-bicara-kinerja-partai-di-pemilu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cak Imin Ajukan 20 Calon Menteri, PDIP Bicara Kinerja Partai di Pemilu - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.