Search

Peserta dan Penyelenggara Pemilu 2019 Diminta Waspadai Kebocoran Data - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Deteksi Ancaman Badan Siber dan Sandi Negara ( BSSN) Sulistiyo mewanti-wanti para penyelenggara dan peserta pemilu akan ancaman siber yang mungkin akan ditemui dalam Pemilu 2019.

Ancaman yang dimaksud Sulistyo adalah leaks atau kebocoran data. Ia mencontohkan kasus viralnya gambar tidak senonoh mirip seorang kepala daerah di Jawa Timur.

Baca juga: Rahasiakan Data Pribadi, Mengapa Caleg Tak Mau Terbuka Pada Konstituennya?

Hal itu diungkapkannya usai menghadiri acara peluncuran laporan Honeynet Project 2018 dan website ancaman siber khusus malware bernama honeynet. bssn.go.id di Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (7/2/2019).

"Kemudian tidak hanya menyerang penyelenggara negara, tetapi juga menyerang para peserta pemilu yang ikut kontestasi. Kita ingat waktu itu ada calon Wakil Gubernur Jatim, Bupati Anas yang kemudian data pribadinya diumbar ke publik," kata Sulistyo, dikutip dari Tribunnews.com.

Baca juga: Lebih dari 1 Miliar Data Netizen Bocor pada 2018

Ia meminta para peserta dapat mengelola data dan informasi pribadi dengan sebaik-baiknya.

"Di tim suksesnya, di kandidat sendiri, tetapi juga di inner circle-nya. Bisa jadi itu dimanfaatkan lawannya untuk merusak citra dirinya di masyarakat. Dan itu akan sangat mengganggu sekali," kata Sulistyo.

Ia pun menyebut tiga berita hoaks yang memapar ruang siber berkaitan dengan pemilu 2019.

Baca juga: 2.049 Caleg Enggan Buka Data Pribadinya ke Publik

"Tiga berita hoaks yang memapar ruang siber kita berkaitan dengan pemilu. Satu yang berkaitan dengan Jokowi antek Cina. Kedua Jokowi anti Islam. Ketiga Jokowi komunis. Itu kemudian ada hibrid-hibrid-nya yang sangat mengganggu," kata Sulistyo. (Gita Irawan)

***

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "BSSN Ingatkan Peserta Pemilu 2019 Soal Ancaman Siber"

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://nasional.kompas.com/read/2019/02/07/23473001/peserta-dan-penyelenggara-pemilu-2019-diminta-waspadai-kebocoran-data

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peserta dan Penyelenggara Pemilu 2019 Diminta Waspadai Kebocoran Data - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.