Search

Polri Siap Tangkal Hoax dan Bikin Adem Pemilu 2019 - detikNews

Jakarta - Polri menyadari situasi menjelang Pemilu 2019 akan semakin panas dengan meningkatnya penyebaran kabar hoax atau berita bohong. Untuk itu, Polri bersiaga untuk melawan penyebaran hoax.

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal mengibaratkan situasi menjelang Pemilu 2019 ini seperti mesin mobil. Sedangkan Polri diibaratkan sebagai radiator untuk mendinginkan situasi pesta demokrasi yang panas tersebut.

"Polri kalau ibaratnya mesin mobil. Saat ini pemilu memasuki masa kampanye. Mesin mobil sudah dihidupkan bahkan sejak beberapa bulan yang lalu, bahkan sejak Pilkada. Panas memang, karena kontestasi politik," kata Iqbal saat menghadiri Diskusi Santun Bermedia untuk Politik Damai di Surabaya, Rabu (6/2/2019).

"Kami akan tampil sebagai radiatornya. Cooling system sehingga yang panas tadi, mesin mobil tidak sampai overheat. Kalau overheat negara kita bisa goyang," imbuhnya.

Kadiv Humas Polri Irjen M IqbalKadiv Humas Polri Irjen M Iqbal Foto: Hilda

Iqbal juga meminta dukungan masyarakat untuk membantu tugas kepolisian dalam memberantas hoax. Dia meminta masyarakat tak mudah percaya dan menyebarkan kabar yang diragukan kebenarannya.

"Untuk mesin pendingin kami secara undang-undang berada di depan dan kami anjurkan masyarakat membantu. Dari seluruh elemen, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat," lanjutnya.

Sementara itu, pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya guna memberantas penyebaran hoax. Salah satunya adalah dengan melakukan sosialisasi ke semua elemen masyarakat.

"Kita melakukan banyak hal Goes to Campus semua kapolres kapolsek dekat ke masyarakat, ke universitas, ke sekolahan-sekolahan, ke kelompok milenial, ke kampung-kampung untuk menyampaikan, untuk membantu kami. Jangan terlalu percaya, intinya saring sebelum sharing," ujar mantan Wakapolda Jatim ini.

(bdh/knv)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.detik.com/berita/d-4416928/polri-siap-tangkal-hoax-dan-bikin-adem-pemilu-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polri Siap Tangkal Hoax dan Bikin Adem Pemilu 2019 - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.