Search

Jelang Pemilu, Jokowi Minta Masyarakat Tak Mudah Percaya Isu ...

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan isu-isu miring atau bahkan bohong (hoax) menjelang pemilihan umum (pemilu) seperti saat ini. Menurut dia, berbagai berita negatif akan semakin banyak menjelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 dan Pemilihan Presiden 2019.

"Kita ini akan ada pemilihan wali kota, gubernur, dan presiden. Banyak isu-isu. Banyak sekali. Dulu di Pilpres 2014, sekarang menjelang pilpres pasti isu-isu banyak sekali," kata Jokowi di Asrama Haji Bekasi, Jawa Barat, Kamis (31/5/2018).

BERITA TERKAIT +

(Baca: Jokowi Ingin Pilkada dan Pemilu Tidak Membuat Masyarakat Bermusuhan)

Presiden Jokowi saat di Bekasi. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Ia menyatakan pernah menjadi korban serangan isu miring. Terlebih lagi, Jokowi kerap disebut orang Partai Komunis Indonesia (PKI). Faktanya, PKI telah dibubarkan pada 1965, sementara Jokowi lahir 1961 dan tidak mungkin menjadi orang PKI saat masih balita.

"Logika seperti ini masyarakat harus tahu jangan sampai isu seperti ini dikembangkan hanya untuk membunuh karakter seseorang, baik untuk pemilihan bupati, wali kota, gubernur, dan presiden, enggaklah," ujar dia.

Kepala Negara mengingatkan para politikus tidak membuat isu miring di tengah-tengah masyarakat. Pasalnya, politikus berkewajiban mencerdaskan bangsa.

"Pilihan politik itu harus jernih, sehat, jangan dibawa ke mana-mana pakai isu ras, agama," ucap dia.

Jokowi mengaku telah mendengar isu yang menyebut dirinya keturunan Tionghoa dan Singapura. Ia menegaskan isu itu tidak benar. Sebab, kedua orangtua mantan Gubernur DKI Jakarta ini berasal dari Jawa Tengah.

(Baca: Jokowi Sebut Indonesia Masih Kekurangan Tenaga Dokter)

Adapun kampung halaman ayahnya berada di Karanganyar dan sang ibu merupakan asli dari Boyolali. "Itu adalah proses-proses pesta demokrasi yang tidak mencerdaskan kita," tegas dia.

Ia menilai, seharusnya seorang politikus memberikan hal-hal positif dalam berkompetisi dan kontestasi, yakni saling adu program, gagasan, ide, dan prestasi.

"Rakyat diajak ke sana. Jangan memakai isu-isu seperti itu. Tapi saya heran masih saja rakyat kita itu ada yang percaya," tutur Jokowi.

(han)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.okezone.com/read/2018/05/31/337/1904942/jelang-pemilu-jokowi-minta-masyarakat-tak-mudah-percaya-isu-miring

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jelang Pemilu, Jokowi Minta Masyarakat Tak Mudah Percaya Isu ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.