Search

Tidak Yakin pada Pemilu, Arus Emigran Venezuela Lintasi Perbatasan

Sambil berjongkok di trotoar dekat perbatasan Venezuela dengan Kolombia, pekerja konstruksi Deiver Guarate mengatakan, pemilu presiden hari Minggu telah diatur untuk memenangkan Presiden Nicolas Maduro, dan ia tidak berencana untuk tetap tinggal di negeri itu untuk mendengar hasilnya.

Guarate berimigrasi ke Kolombia karena tidak sanggup membayar ongkos keperluan hidup yang paling dasar di tengah inflasi yang melangit. Ia terpaksa tidur malam hari di jalanan sambil menunggu pejabat migrasi Venezuela untuk mencap paspornya.

"Orang-orang tidak memberikan suaranya lagi karena mereka tahu bahwa pemilu dicurangi. Kalau saja kami punya harapan keadaannya akan berubah, kami tidak akan bermigrasi,” kata Guarate, 35 tahun, di samping kopernya di jalanan, di mana beberapa ratus orang tidur minggu ini.

"Situasi di Venezuela sangat genting," kata Guarate. Neneknya meninggal tahun lalu akibat gagal ginjal karena keluarganya tidak bisa memperoleh obat-obatan yang langka.

Pihak oposisi Venezuela telah meminta para pendukungnya supaya tidak ikut memberikan suara hari Minggu karena keprihatinan akan terjadinya penipuan, tetapi puluhan ribu migran yang sangat skeptis terhadap pemilu, memilih untuk meninggalkan negara itu. [ps/ii]

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.voaindonesia.com/a/arus-emigran-venezuela-lintasi-perbatasan/4401808.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tidak Yakin pada Pemilu, Arus Emigran Venezuela Lintasi Perbatasan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.