Search

Malaysia Catatkan Rekor Tertingginya Dalam Sejarah Pada Pemilu ...

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Pemilih Malaysia mencetak rekor tertingginya dalam sejarah setelah 12.299.514 penduduknya ambil bagian dalam pemilihan umum Malaysia ke-14 baru-baru ini.

Total ada 14.940.624 orang yang memenuhi syarat sebagai pemilih.

Angka ini mewakili 82,32 persen pemilih yang memenuhi syarat. Komisi Pemilihan (EC) Malaysia mempublikasikan secara resmi angka ini pada Jumat malam.

Tingginya angka pemilih pada emilihan Umum 2018, bahkan lebih luar biasa mengingat EC memutuskan untuk menyelenggarakan pemilihan pada pertengahan Pekan.

EC memiliki beberapa pertimbangan mengapa mereka memutuskan untuk menyelenggarakan hari pemilihan pada Rabu.

Pemilu 2013 memperlihatkan pemilih yang terlibat sebesar 84,84 persen atau 11.257 juta pemilih yang memberikan suara mereka, ketika di 2008 hanya sebesar 75,99 persen atau 8.161 juta yang berikan suara mereka. Namun, kedua pemungutan suara ini diadakan pada akhir pekan.

Ketua EC Mohd Hashim Abdullah membela bahwa EC beridiri independen dan tidak memihak siapapun.

"Proses peralihan pemerintahan telah selesai dengan aman dan teratur, meskipun ada beberapa tuduhan negatif terhadap EC," kata Hashim seperti dilansir astro AWANI, Jumat (11/5/2018).

Komisi Pemilihan Malaysia yang diwakilkan oleh Hashim turut memberi ucapan selamatnya kepada Mahathir yang telah dipilih oleh rakyat sebagai Perdana Menteri Malaysia yang baru.

"Saya mengucapkan selamat kepada Mahathir atas penunjukan dirinya sebagai Perdana Menteri ke-7, dan juga kepada para pemimpin negara bagian lainnya yang mendapatkan mandat dari mereka yang ikut serta dalam pemilu kali ini," tambah Hashim.

sebelumnya dalam pernyataan Mahathir saat konferensi pers, mengatakan investigasi kepada berbagai badan, termasuk EC akan dimulai untuk memastikan bahwa lembaga-lembaga institusi tersebut tidak ikut campur terhadap kehendak rakyat Malaysia.

Mahathir juga mengomentari bahwa dia telah kehilangan kepercayaan dengan Jaksa Agung, dan mengatakan "biarkan dirinya jatuh berulang kali".

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://www.tribunnews.com/internasional/2018/05/11/malaysia-catatkan-rekor-tertingginya-dalam-sejarah-pada-pemilu-yang-digelar-pertengahan-pekan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Malaysia Catatkan Rekor Tertingginya Dalam Sejarah Pada Pemilu ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.