Search

LSI: PDIP Berpotensi Patahkan 'Kutukan Juara Bertahan' Pemilu

Jakarta, CNN Indonesia -- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) asuhan Denny JA memprediksi PDIP bakal menorehkan kemenangan di Pemilihan Legislatif (pileg) 2019 mendatang.

Apabila prediksi itu benar, LSI Denny JA menyebut PDIP bakal menorehkan sejarah dengan menang dua kali berturut-turut di dua periode pileg pada era reformasi.

Dari 20 partai politik peserta pemilu 2019 PDIP diprediksi menempati urutan teratas dengan torehan suara sebesar 24,8 persen. Torehan suara tersebut naik 5,9 persen jika dibandingkan hasil PDIP pada Pileg 2014 yang sebesar 18,9 persen.

"PDIP potensial menjadi partai pertama memenangi pemilu dua kali berturut-turut di era reformasi. Tidak ada pemilu satupun yang bisa memenangi pemilu dua kali berturut-turut. Itu potensinya ada di PDIP," kata LSI Denny JA dalam keterangan tertulis Rabu (12/9).


Diketahui semenjak 1999 tidak pernah ada partai politik yang memenangkan pemilu dua kali berturut-turut.

"PDIP berpotensi mematahkan 'kutukan juara bertahan'," demikian tertulis dalam keterangan tersebut.

Pada Pileg 1999 PDIP keluar sebagai pemenang dengan suara 33,7 persen, pada 2004 giliran Golkar yang menang dengan suara 21,6 persen, pada 2009 Demokrat menjadi pemuncak dengan 20,9 persen suara, dan pada 2014 PDIP menang dengan perolehan 18,9 persen.

Kemenangan ini, tulis LSI Denny JA, berkat efek ekor jas dari diusungnya Joko Widodo sebagai bakal calon presiden dari PDIP.

Sementara itu, LSI Denny JA memprediksi Partai Gerindra bakal menempati posisi kedua di Pileg 2019 dengan perolehan suara 13,1 persen. Perolehan suara itu lebih tinggi dibandingkan hasil Gerindra di Pemilu 2014 yang sebesar 11,81 persen.


Jika prediksi itu tepat, Gerindra juga berhasil menorehkan sejarah dengan mendobrak dominasi Golkar yang selalu jadi pemenang atau runner up di empat pemilu semenjak era reformasi.

"Gerindra untuk pertama kali mematahkan dominasi PDIP dan Golkar. Berpotensi menjadi runner up. Baik Gerindra dan PDIP diuntungkan dengan asosiasi capres yang maju dengan partainya," terangnya.

Posisi PDIP dan Gerindra yang berada di puncak juga dipengaruhi oleh dua sosok Ketua Umumnya yakni Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto.

Adapun, survei ini dilakukan dengan metodologi Multistage Random Sampling pada 12-19 Agustus 2018 dengan jumlah 1.200 responden. Wawancara dilakukan tatap muka dengan margin of error lebih kurang 2,9 persen.

(DAL)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180912175154-32-329725/lsi-pdip-berpotensi-patahkan-kutukan-juara-bertahan-pemilu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "LSI: PDIP Berpotensi Patahkan 'Kutukan Juara Bertahan' Pemilu"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.