Search

Pemuda Diharapkan Berperan Tingkatkan Partisipasi Publik dalam ...

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemuda diharapkan turut berperan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Pemilihan Umum ( Pemilu) 2019.

Koordinator Nasional Indonesia Election Watch Nofria Atma Rizki mengatakan Pemilu 2019 yang diselenggarakan serentak akan menjadi hal yang baru dan sangat rumit bagi pemilih.

Pada Pemilu tahun depan, terdapat lima kertas yang harus dicoblos. Kertas bergambar calon presiden dan wakil presiden, lalu bergambar anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Sementara pada pemilu-pemilu sebelumnya, pemilih hanya mencoblos empat kertas.

Baca juga: Wiranto Ingin Medsos Jadi Alat Sosialisasi Rekam Jejak dan Gagasan Peserta Pemilu

Lantaran ini hal yang baru, semua pihak harus bahu-membahu menyukseskan Pemilu 2019. Salah satu yang dapat dilakukan pemuda adalah mendorong masyarakat untuk tidak golput.

"Terkait dengan sosialisasi, kalau kita sudah terdaftar, gunakan hak pilih kita, beri tahu pemuda yang lain agar juga berpartisipasi dalam pemilu serentak," ujar Nofria di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis (13/9/2018).

Kepada para calon yang berkontestasi, para pemuda dapat mengambil bagian dengan mendorong mereka agar berjuang demi rakyat.

Pemuda juga dapat memberikan pendidikan politik kepada publik bagaimana memilih calon.

Baca juga: Polri: Papua Jadi Daerah Rawan Konflik Pemilu

"Ikut mendorong agar calon legislatif yang akan maju memiliki kualitas, bersih, dan berkomitmen memperjuangkan nasib masyarakat," tuturnya.

"Serta memberikan pendidikan politik sehingga masyarakat mampu memilih calon anggota legislatif berdasarkan prestasi dan kualitas calon serta tidak tergoda dengan politik uang," sambung dia.

Ia pun berharap pemilu dapat berjalan efektif, efisien, dan menghasilkan pemimpin generasi berikutnya yang sesuai harapan masyarakat.

Kompas TV Bagi Hanafi tak seharusnya para kepala daerah terlibat dalam urusan dukung-mendukung calon presiden.


Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://nasional.kompas.com/read/2018/09/13/20535101/pemuda-diharapkan-berperan-tingkatkan-partisipasi-publik-dalam-pemilu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemuda Diharapkan Berperan Tingkatkan Partisipasi Publik dalam ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.