Search

Simulasi Pengamanan Pemilu, Wakapolri Beri Catatan kepada ...

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Ari Dono Sukmanto memberi nilai positif bagi simulasi yang dilakukan jajarannya untuk mengantisipasi pemilu 2019.

Meski menurutnya sudah bagus, ia masih memiliki beberapa catatan kecil terhadap latihan yang dilakukan di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018) pagi.

Simulasi tersebut diikuti oleh ratusan orang yang berperan sebagai massa pendemo, sebagian merupakan anggota kepolisian.

Menurut Ari, beberapa dari massa terlalu "nakal" dalam menjalankan perannya.

"Mungkin karena ini sifatnya latihan, saya lihat tadi ada anak-anak (massa) yang seharusnya tidak bertindak seperti itu," ujarnya di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018).

Baca juga: Simulasi Pengamanan Pemilu 2019, Polisi Redam Kerusuhan di Gedung MK

Selain itu, ia juga ingin agar jajarannya lebih menguasai tahapan-tahapan pengamanan dalam mengatasi keadaan dengan tingkat aman, agak rawan, hingga rawan.

Pengamanan yang dilakukan selalu bertahap, dan selalu diusahakan dengan proses negosiasi terlebih dahulu.

"Pasti diawali, tadi kita bisa lihat, Dalmas awal, ada polwan, himbauan-himbauan, negosiasi dulu. Semua bertahap dengan baik-baik, mulai dari tindakan pembubaran massa, sampai dengan tim anarkis," terangnya.

Baca juga: Polri dan TNI Rancang Strategi Bersama Pengamanan Pemilu 2019

Ketika situasi sudah memasuki tahap rawan, barulah anggota Brimob yang dikerahkan. Tembakan-tembakan peringatan dan bahkan jika diperlukan, tembakan akan diarahkan kepada massa yang anarkis.

Secara keseluruhan, ia ingin latihan tersebut semakin mempersiapkan personelnya mengantisipasi keadaan yang mengancam keamanan menjelang pemilu.

"Kalau penyempurnaan-penyempurnaan dalam pelatihan supaya para peserta bisa memahami, ketika dia akan main nanti sudah tidak bingung lagi," tutur Ari.

Kompas TV Bagaimana para Aparatur Sipil Negara menjaga netralitas di tahun politik terutama Pilpres?


Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://nasional.kompas.com/read/2018/09/14/13412951/simulasi-pengamanan-pemilu-wakapolri-beri-catatan-kepada-anak-buahnya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Simulasi Pengamanan Pemilu, Wakapolri Beri Catatan kepada ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.