Search

Pernyataan yang Benar tentang Sidang Umum MPR Hasil Pemilu 1999 Adalah Berikut, Ketahui Hasilnya - Liputan6.com

Hasil pemilu 1999 membawa perubahan signifikan dalam komposisi anggota MPR. Dari total 700 kursi, partai politik memperoleh 462 kursi, sementara sisanya diduduki oleh perwakilan dari berbagai elemen masyarakat, seperti TNI/Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh terpilih.

Dalam konteks partai politik, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) meraih 153 kursi, diikuti oleh Partai Golongan Karya (Golkar) dengan 120 kursi, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 58 kursi. Sedangkan partai politik lainnya, seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Bulan Bintang (PBB), juga berhasil meraih kursi yang signifikan.

Sementara itu, dalam representasi dari berbagai elemen masyarakat, TNI/Polri memperoleh 38 kursi, tokoh agama 60 kursi, tokoh masyarakat 38 kursi, dan tokoh terpilih 4 kursi.

Perubahan komposisi anggota MPR hasil pemilu 1999 memperlihatkan inklusi yang lebih luas dari berbagai elemen masyarakat dalam proses pembuatan keputusan politik, serta menunjukkan semakin berkembangnya pluralisme politik di Indonesia setelah era Orde Baru.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiiQFodHRwczovL3d3dy5saXB1dGFuNi5jb20vaG90L3JlYWQvNTUwOTY2OS9wZXJueWF0YWFuLXlhbmctYmVuYXItdGVudGFuZy1zaWRhbmctdW11bS1tcHItaGFzaWwtcGVtaWx1LTE5OTktYWRhbGFoLWJlcmlrdXQta2V0YWh1aS1oYXNpbG55YdIBAA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pernyataan yang Benar tentang Sidang Umum MPR Hasil Pemilu 1999 Adalah Berikut, Ketahui Hasilnya - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.