Search

Gubernur Kaltim Komitmen Dukung Pemilu Damai 2024, Ini yang Sudah Dilakukan - detikcom

Balikpapan -

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik menegaskan kesiapannya mendukung Pemilu Damai 2024. Akmal memastikan kesiapan pelaksanaan pemilu di wilayah yang dipimpinnya berjalan dengan lancar.

Hal itu disampaikan Akmal dalam talkshow #DemiIndonesia Cerdas Memilih yang digelar di Hotel Novotel, Balikpapan, Senin (29/1/2024). Akmal awalnya mengapresiasi kegiatan digelar detik.com yang dikerjasamakan dengan Kementerian Kominfo itu.

"Kami di Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tentunya berterima kasih sekali langkah-langkah sosialisasi. Ini adalah tanggung jawab pemerintah sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 pasal 434 mengatakan bahwasanya pemerintah wajib melakukan fasilitasi penganggaran pemilu," kata Akmal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Akmal menjelaskan sejumlah kegiatan sudah dilakukan Pemprov Kaltim. Kegiatan yang dikerjasamakan dengan unsur Forkopimda Kaltim itu untuk memastikan kelancaran Pemilu 2024.

"Nah apa yang sudah kita dilakukan? pastinya dukungan terkait dengan data pastinya sudah kita lakukan dana juga NPHD sudah selesai, terkait juga dengan partisipasi pemilih," ujarnya.

Menurut Akmal, pihaknya intens turun ke lapangan bersama unsur Forkopimda melakukan pengecekan di lapangan. Hal ini dilakukan untuk mendorong angka partisipasi pemilih di Kaltim.

"Kaltim itu ada 3,9 juta penduduk dan 2.778.664 DPT pemilih. Mereka tersebar di 11.451 TPS. Kemarin kita sudah ke lapangan bersama forkopimda memastikan logistik sudah terdistribusi ke daerah," tutur Akmal.

Akmal mengaku sempat ada beberapa kendala logistik Pemilu 2024, seperti surat suara yang rusak. Namun KPU sudah melakukan penggantian dan distribusi logistik dilakukan secara bertahap.

"Secara umum semua sudah berjalan dengan baik dan sekali lagi sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 4 tahun 2017 Pasal 434 pemerintah wajib memberikan dukungan bagi penyelenggara pemilu," tegasnya.

Diketahui, #DemiIndonesia Balikpapan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan. Dalam event ini, ada stand up comedy hingga talkshow bertajuk #Pemilu Damai 2024.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Budi Arie Setiadi turut hadir sebagai keynote speech. Tak hanya itu, talk show dengan tema #DemiIndonesia Cerdas Memilih juga menghadirkan sejumlah pembicara mulai dari Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Nanang Avianto dan pihak Bawaslu hingga KPU.

Simak Video "Dewan Pers Ingatkan Peran Pers di Pemilu: Harus Jadi Wasit"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/hsr)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMieGh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9zdWxzZWwvYmVyaXRhL2QtNzE2NjA3MS9ndWJlcm51ci1rYWx0aW0ta29taXRtZW4tZHVrdW5nLXBlbWlsdS1kYW1haS0yMDI0LWluaS15YW5nLXN1ZGFoLWRpbGFrdWthbtIBfGh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9zdWxzZWwvYmVyaXRhL2QtNzE2NjA3MS9ndWJlcm51ci1rYWx0aW0ta29taXRtZW4tZHVrdW5nLXBlbWlsdS1kYW1haS0yMDI0LWluaS15YW5nLXN1ZGFoLWRpbGFrdWthbi9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gubernur Kaltim Komitmen Dukung Pemilu Damai 2024, Ini yang Sudah Dilakukan - detikcom"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.