Search

Hore! Ribuan Pemilih Disabilitas di Klaten Dipastikan Bisa Nyoblos Pemilu - detikJateng

Klaten -

Warga penyandang disabilitas di Kabupaten Klaten dijamin haknya untuk ikut Pemilu 2024 ini. Dari hasil pendataan jumlah warga disabilitas di Klaten mencapai ribuan orang.

"Yang cukup menggembirakan pemilu tahun ini jumlah penyandang disabilitas yang masuk daftar DPT. Jumlahnya cukup banyak," kata Ketua KPU Kabupaten Klaten, Primus Supriono kepada detikJateng, Rabu (10/1/2024).

Jumlah yang cukup banyak itu, terang Primus, termasuk disabilitas mental atau dengan gangguan jiwa tidak permanen. Dalam pemilu, warga disabilitas haknya sama dengan warga lain.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Bahwa mereka haknya sama dengan warga negara yang lain. Untuk yang disabilitas fisik 3.786 orang, yang disabilitas intelektual 515 orang, disabilitas mental atau ODGJ ada 2.451 orang, kemudian disabilitas wicara sebanyak 779 orang, yang disabilitas rungu 330 orang dan disabilitas netra 806 orang," papar Primus.

Menurut Primus, jumlah pemilih disabilitas tahun ini lebih banyak dari pemilu-pemilu sebelumnya. Sehingga, untuk memberikan pelayanan, KPU akan menggelar Bintek kepada petugas.

"Persiapan kita akan menyelenggarakan Bintek kepada KPPS agar menyiapkan layanan, terutama menyiapkan tenaga pendamping seperti linmas. Namun pendamping itu kita utamakan keluarga atau komunitas," imbuh Primus.

Ditambahkan Primus, saat ini KPU juga terus melakukan sortir dan pelipatan surat suara. Jumlah surat suara masing-masing ada 993.056 lembar.

"Jumlah surat suara untuk setiap jenis surat suara ada 993.056 lembar, baik DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten, DPD maupun Pilpres. Jumlah itu sesuai DPT tambah 2 persen untuk cadangan," imbuh Primus.

Primus menyebut tantangan Pemilu tahun ini hanya karena digelar bersamaan. Selain Pilpres, ada juga pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

"Dan akan sebentar lagi Pilkada. Jadi Januari pertengahan itu sudah berhimpitan antara pemilu dengan Pilkada, Minggu-minggu depan mulai tahapan, pertama nanti pemutakhiran data pemilih," jelas Primus.

Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Klaten, David Indrawan menambahkan di Sidalih ada 2.451 pemilih dengan kondisi ODGJ. KPU sudah melakukan pemetaan.

"Kami sebagai penyelenggara Pemilu tentu akan melayani masyarakat yang akan menggunakan haknya memilih pada tanggal 14 Februari. Kita sudah memetakan TPS mana saja yang ada pemilih dengan klasifikasi seperti itu," papar David kepada detikJateng.

Menurut David, untuk persiapan KPU nantinya akan menyampaikan hal tersebut kepada KPPS yang terpilih. KPPS terpilih rencananya diumumkan tanggal 25 Januari.

"Insyaallah 25 Januari diumumkan, kita akan tekankan untuk teman-teman di KPPS untuk bersiap melayani mereka dengan klasifikasi ODGJ. Tentunya nanti ada juga pendamping," lanjut David.

Simak Video "Jokowi: Pemilu Tinggal 45 Hari, KPU Pusat Sampai Daerah Harus Siap"
[Gambas:Video 20detik]
(cln/ams)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMidmh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9qYXRlbmcvYmVyaXRhL2QtNzEzNDg2MS9ob3JlLXJpYnVhbi1wZW1pbGloLWRpc2FiaWxpdGFzLWRpLWtsYXRlbi1kaXBhc3Rpa2FuLWJpc2EtbnlvYmxvcy1wZW1pbHXSAXpodHRwczovL3d3dy5kZXRpay5jb20vamF0ZW5nL2Jlcml0YS9kLTcxMzQ4NjEvaG9yZS1yaWJ1YW4tcGVtaWxpaC1kaXNhYmlsaXRhcy1kaS1rbGF0ZW4tZGlwYXN0aWthbi1iaXNhLW55b2Jsb3MtcGVtaWx1L2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hore! Ribuan Pemilih Disabilitas di Klaten Dipastikan Bisa Nyoblos Pemilu - detikJateng"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.