Search

Muhammadiyah Tegaskan Netral, Beri Pesan Ini ke Kontestan Pemilu 2024 - detikJogja

Kulon Progo -

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir menegaskan pihaknya netral dalam gelaran Pemilu 2024. Sebagai organisasi Islam, Muhammadiyah tetap menjaga nilai-nilai dalam berbangsa dan bernegara.

"Ya, Muhammadiyah tetap sebagai organisasi yang partisan, dan itu semua dipahami oleh seluruh warga dan bahkan oleh seluruh rakyat Indonesia, bahkan Muhamadiyah tetap menjaga, tidak terlibat dalam dukung mendukung apalagi partisan (condong ke salah satu parpol)," ujar Haedar saat ditemui wartawan usai mengisi acara Hari Syiar Muhammadiyah di Masjid Agung Wates, Kulon Progo, Minggu (7/1/2024).

Haedar mengatakan Muhammadiyah berprinsip untuk selalu menjaga nilai-nilai dalam berbangsa dan bernegara. Diharapkan hal serupa juga dilakukan oleh institusi lain di negara ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang kedua Muhamadiyah tetap menjaga nilai-nilai dalam berbangsa dan bernegara, maka kami juga harapkan bahwa selain Muhammadiyah, institusi negara juga," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Haedar juga berpesan kepada para kontestan Pemilu baik Pilpres maupun Pileg untuk berkontestasi secara sehat. Haedar pun meminta para kontestan Pemilu bersikap kesatria dan negarawan.

"Berkontestasilah dengan kesatria, sebagai negarawan, baik untuk pileg maupun untuk Pilpres. Jangan menang hanya untuk menang, apalagi menang dengan menghalalkan segala cara. Karena kita sudah pemilu yang ke-6 ini di era reformasi, belum dihitung di era orde baru dan sebelumnya. Maka menjadilah kontestan yang betul-betul teladan, menjadi negarawan," ucapnya.

Haedar juga meminta penyelenggara pemilu untuk bekerja secara optimal. Pihaknya tidak ingin pesta politik ini dinodai dengan kecurangan karena bisa menurunkan kualitas Pemilu.

"Dan kepada penyelenggara negara maupun KPU, Bawaslu agar kawal betul agar pemilu kita semakin baik. Jauh dari penyimpangan dan kecurangan. Jadi kalau pemilu tidak sejalan dengan aturan lagi, maka menurunnya kualitas pemilu kita, dan semuanya tergantung pada jiwa warga negara dan bangsa supaya menang tidak untuk menang, apalagi menang dengan menggunakan segala cara," ujarnya.

Simak Video "Deklarasi Pemilu Damai di Surabaya, Kapolri: Perbedaan Bagian dari Demokrasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/apu)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMicWh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9qb2dqYS9iZXJpdGEvZC03MTI4ODczL211aGFtbWFkaXlhaC10ZWdhc2thbi1uZXRyYWwtYmVyaS1wZXNhbi1pbmkta2Uta29udGVzdGFuLXBlbWlsdS0yMDI00gF1aHR0cHM6Ly93d3cuZGV0aWsuY29tL2pvZ2phL2Jlcml0YS9kLTcxMjg4NzMvbXVoYW1tYWRpeWFoLXRlZ2Fza2FuLW5ldHJhbC1iZXJpLXBlc2FuLWluaS1rZS1rb250ZXN0YW4tcGVtaWx1LTIwMjQvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Muhammadiyah Tegaskan Netral, Beri Pesan Ini ke Kontestan Pemilu 2024 - detikJogja"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.