Search

PPLN Kuala Lumpur Buka Suara soal Viral WNI Ngaku Tak Terdaftar DPT Pemilu - detikNews

Jakarta -

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur, Malaysia, menanggapi soal video viral di media sosial yang bernarasikan WNI di Kuala Lumpur tidak termuat dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024. PPLN Kuala Lumpur memastikan jika pihaknya tidak mempersulit WNI yang ingin mendaftar.

"Terkait pemberitaan bahwa ada ratusan ribu WNI yang tidak terdaftar di DPT 2024 dan dipersulit untuk mendaftar di PPLN Malaysia, kami perlu luruskan informasi faktual," kata staf divisi sosialisasi PPLN Kuala Lumpur, Puji Sumarsono, saat dihubungi, Rabu (3/1/2024).

"PPLN Kuala Lumpur memastikan tidak benar jika PPLN Kuala Lumpur mempersulit WNI yang ingin mendaftar," sambungnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Puji mengatakan pihaknya justru telah melakukan sosialisasi. Bahkan, kata dia, pihaknya juga selalu mengajak WNI untuk mendaftar di DPT Pemilu 2024.

"Justru bagi kami, kami mengajak selama ini bersosialisasi ke pelosok-pelosok ke kantor WNI untuk mengajak untuk mendaftar di DPT 2024," ujarnya.

Dia menuturkan pihaknya akan sangat mengapresiasi dan merasa terbantu jika ada WNI yang proaktif untuk mendaftar. Menurutnya, di beberapa kasus, WNI yang tidak terdaftar itu lantaran melakukan pengecekan berdasarkan nomor paspor.

"Ternyata mereka terdaftar bukan berdasarkan pada paspor, tetapi KTP. Sehingga kami sarankan kalau ngecek berdasarkan paspor tidak ada, maka coba cek dengan paspor baru, kalau dengan paspor baru tidak bisa maka coba dengan KTP," jelasnya.

Puji juga mengingatkan jika ada WNI belum terdaftar, untuk segera mendaftarkan diri melalui website PPLN Kuala Lumpur yakni situspplnkl.id. "Teman-teman boleh mendaftarkan diri, insyaallah masuk dalam kategori DPKLN," imbuhnya.

Sebelumnya, KPU buka suara terkait beredarnya video tersebut. Dalam video yang dilihat detikcom, Selasa (2/1), memperlihatkan warga yang mengklaim jika masih ada WNI tidak masuk dalam DPT.

Warga itu menduga adanya faktor kesengajaan yang dilakukan KPU atau PPLN Malaysia untuk memainkan suara ke salah satu pasangan calon atau parpol tertentu.

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik berbicara pentingnya untuk mengetahui autentik atau tidak video tersebut. Dia mengingatkan untuk berhati-hati terkait disinformasi.

"Terkait dengan video yang beredar secara luas di media sosial tersebut menjadi penting bagi kita untuk memastikan bahwa video tersebut itu autentik," ujar Idham kepada wartawan, Selasa (2/1).

"Kata autentik tersebut maksudnya adalah bahwa video tersebut bukanlah terkategori sebagai video disinformatif," sambung dia.

Idham kemudian menjelaskan ada kategori khusus untuk pemilih yang tidak terdaftar di DPT luar negeri. Idham menyebut mereka masuk dalam kategori Daftar Pemilih Khusus Luar Negeri (DPLKN).

"Jika memang benar ada pemilih yang belum terdaftar di dalam DPT Luar Negeri, maka pemilih tersebut dapat dikategorikan sebagai pemilih DPK (Daftar Pemilih Khusus Luar Negeri), dengan catatan pemilih tersebut belum pernah terdaftar di dalam daftar pemilih dalam negeri," jelasnya.

Simak juga Video 'Ada Isu Data DPT Pemilu 2024 Bocor, TKN: Mari Kita Jangan Saling Curiga':

[Gambas:Video 20detik]

(amw/maa)

Pantau Pemilu

Cek rekam jejak, visi misi, profil, hingga berita terkini pasangan Capres dan Cawapres favoritmu di Pemilu 2024 sekarang!

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMicmh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzEyMjk2Ny9wcGxuLWt1YWxhLWx1bXB1ci1idWthLXN1YXJhLXNvYWwtdmlyYWwtd25pLW5nYWt1LXRhay10ZXJkYWZ0YXItZHB0LXBlbWlsddIBdmh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzEyMjk2Ny9wcGxuLWt1YWxhLWx1bXB1ci1idWthLXN1YXJhLXNvYWwtdmlyYWwtd25pLW5nYWt1LXRhay10ZXJkYWZ0YXItZHB0LXBlbWlsdS9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PPLN Kuala Lumpur Buka Suara soal Viral WNI Ngaku Tak Terdaftar DPT Pemilu - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.