Search

Partai Tommy Soeharto Klaim Penuhi Syarat jadi Peserta Pemilu

Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Berkarya yang didirikan Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto mengklaim telah dinyatakan memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjadi peserta Pemilu 2019 yang akan datang.

Sekjen Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang mengatakan partainya telah lolos verifikasi tingkat kabupaten/kota yang dilakukan KPU sejak Desember 2017 lalu.

Verifikasi tingkat kabupaten/kota sendiri merupakan tahapan akhir seleksi partai politik peserta Pemilu 2019. Sementara Partai Berkarya sebelumnya telah dinyatakan memenuhi syarat verifikasi di tingkat pusat dan provinsi.


"Alhamdulilah dari laporan DPD Kabupaten/kota se-Indonesia, kami sudah melampaui syarat 75 persen," tutur Andi kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Selasa (6/2).

"Itu artinya sudah memenuhi syarat yang disyaratkan undang-undang dan PKPU," katanya.

Andi mengaku telah mengetahui Partainya telah ditetapkan memenuhi syarat oleh KPU. Dia mengetahui itu dari berita acara hasil verifikasi yang dikeluarkan KPUD setiap kabupaten/kota. Berita acara itu diberikan kepada setiap partai politik.

Andi lalu mengakumulasi berita acara hasil verifikasi di seluruh kabupaten/kota. Hasilnya, telah melampaui 75 persen seperti yang ditetapkan KPU.

"Jadi hari ini alhmamdulillah laporan yang masuk sudah melampaui syarat minimal itu. Tinggal tunggu putusan resmi dari KPU, 17 Februari 2018," katanya.


Terpisah, Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni mengatakan hal serupa. Dia mengklaim partainya berhak menjadi peserta Pemilu 2019 karena telah memenuhi syarat 75 persen verifikasi tingkat kabupaten/kota.

"Tanpa bermaksud mendahului keputusan formal dari KPU RI, alhamdulilah wa sukurillah, PSI se-Indonesia telah memenuhi syarat UU dan PKPU untuk menjadi peserta Pemilu 2019," kata.

Dia mengklaim, PSI lancar dalam menghadapi verifikasi kabupaten/kota tanpa melalui perbaikan. Tidak ada kendala yang menghambat PSI sehingga dinyatakan belum memenuhi syarat.

"Tidak seperti beberapa partai lain, alhamdulillah PSI tidak perlu ada perbaikan lagi," katanya.

KPU tengah melaksanakan verifikasi tingkat kabupaten/kota terhadap belasan partai politik calon peserta Pemilu 2019. Verifikasi tingkat kabupaten/kota merupakan tahapan akhir seleksi.

Setiap partai politik mesti dinyatakan memenuhi syarat 75 persen di tahapan verifikasi kabupaten/kota. Jika tidak, maka partai yang bersangkutan tidak dapat mengikuti Pemilu 2019.

KPU akan mengumumkan partai politik yang lolos seleksi dan berhak menjadi peserta Pemilu 2019 pada 17 Februari mendatang. (rah)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180207054112-32-274420/partai-tommy-soeharto-klaim-penuhi-syarat-jadi-peserta-pemilu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Partai Tommy Soeharto Klaim Penuhi Syarat jadi Peserta Pemilu"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.