Search

Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19, Komnas HAM Ingatkan Peristiwa Pemilu 2019 - Okezone News

JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), mengingatkan peristiwa yang terjadi pada Pemilu 2019 silam, dimana ada ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia karena kelelahan.

Peringatan tersebut disampaikan menyusul adanya keputusan tentang pelaksanaan Pilkada 2020 tetap dilanjutkan di tengah pandemi Covid-19.

Ketua tim bentukan paripurna pemantauan pemilu daerah tahun 2020 Komnas HAM, Hairansyah mengatakan, jika berkaca pada data penanganan Covid-19 baru-baru ini, kasus di Indonesia terus meningkat. Oleh karena itu, ia meminta agar prioritas kesehatan dan kesalamatan menjadi hal yang paling utama dalam pelaksanaan Pilkada 2020 ini.

"Pada sisi lain kita memiliki pengalaman 2019, dimana ratusan penyelenggara baik KPU Bawaslu maupun petugas KPPS sampai 500 atau lebih yang kemudian kelelahan dan ada yang meninggal dunia," kata Hairansyah dalam diskusi secara virtual, Selasa (29/9/2020).

 Pilkada

Ia berharap agar peristiwa yang terjadi di Pemilu 2019 tidak terulang lagi pada pesta demokrasi tahun ini. Meskipun, kata dia, tak menutup mata saat ini sudah banyak petugas atau penyelenggara Pemilu yang terpapar Covid-19.

"Kita berharap tentu akan sembuh. Tapi pada level yang lain, ini kan bisa mengganggu dari setiap tahapan yang berjalan," ujarnya.

Terlebih, katanya, ada sejumlah pasangan calon (Paslon) kepala daerah yang sudah terpapar Covid-19. Hairansyah berharap, kondisi seperti ini tidak akan semakin parah ke depan dalam tahapan Pilkada yang akan dilalui nantinya.

Menurut dia, hal ini menyangkut juga nanti pada kualitas daripada penyelenggaraan dan ketentuan terkait hasil dari proses pemilihan.

"Karena situasi pandemi ini banyak hal-hal yang tidak terduga dan kemudian berpengaruh terhadap proses dan hasil dari pelaksanaan Pilkada," pungkasnya.

(wal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://nasional.okezone.com/read/2020/09/29/337/2285542/pilkada-di-tengah-pandemi-covid-19-komnas-ham-ingatkan-peristiwa-pemilu-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19, Komnas HAM Ingatkan Peristiwa Pemilu 2019 - Okezone News"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.