Search

Pemilu Selandia Baru Ditunda Gara-Gara Wabah Covid-19 Merebak Lagi - iNews

WELLINGTON, iNews.id - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menunda pelaksanaan pemilihan umum selama 4 pekan, sehingga akan berlangsung pada 17 Oktober 2020. Keputusan ini diambil setelah wabah virus corona kembali menerjang negara Pasifik tersebut.

Negeri Kiwi sedang berjuang melawan kembalinya wabah Covid-19 yang memaksa kota terbesar di negara itu, Auckland, menjalani lockdown. Padahal sebelumnya Selandia Baru bebas kasus infeksi baru selama 102 hari.

"Keputusan ini memberi waktu kepada semua partai selama 9 pekan ke depan untuk berkampanye dan Komisi Pemilihan Umum memiliki cukup waktu untuk memastikan pemilu dapat berjalan," kata Ardern, dikutip dari AFP, Senin (17/8/2020).

Ardern mendapat tekanan untuk mengubah tanggal pelaksanaan pemilu karena semua pihak menangguhkan kampanye terkait merebaknya wabah pada pekan lalu. Sumber penularan untuk kasus terbaru ini belum diketahui.

Ada kecemasan yang meluas di masyarakat terkait kembalinya virus corona. Kasus pertama kali ditemukan pada empat anggota keluarga di Auckland.

Hanya dalam 5 hari, kasus infeksi beranak pinak menjadi 49 penderita.

Pada akhir pekan kemarin, Ardern menghabiskan waktu bersama para pemimpin partai serta Komisi Pemilihan untuk membahas waktu pemilihan hingga diputuskan jatuh pada 17 Oktober.

Sementara itu hasil jajak pendapat terbaru menunjukkan popularitas Ardern nasik menjadi sekitar 60 persen. Ini dipicu kepemimpinannya selama pandemi, serangan masjid di Christchurch tahun lalu, serta letusan gunung berapi White Island.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.inews.id/news/internasional/pemilu-selandia-baru-ditunda-gara-gara-wabah-covid-19-merebak-lagi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemilu Selandia Baru Ditunda Gara-Gara Wabah Covid-19 Merebak Lagi - iNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.