Search

Pemilu AS 2020: Sarah McBride menjadi senator transgender pertama - BBC News Indonesia

  • Tom Gerken
  • BBC News

Sarah McBride

Sarah McBride dari Partai Demokrat menjadi transpuan pertama yang menjabat sebagai senator Amerika Serikat, setelah mendeklarasikan kemenangan di Negara Bagian Delaware.

Dia mengalahkan kandidat dari Partai Republik, Steve Washington, dalam persaingan memperebutkan kursi Harris McDowell, senator Demokrat yang habis masa jabatannya.

McBride, 30 tahun, bekerja sebagai sekretaris bidang media dari kelompok advokasi LGBT, Human Rights Campaign, dan pernah menjadi pemagang di Gedung Putih selama pemerintahan Barack Obama.

Dia sekarang menjadi pejabat transgender dengan kedudukan tertinggi di AS.

Di tempat lainnya, Taylor Small, 26 tahun, akan menjadi transpuan pertama dari Negara Bagian Vermont yang menjadi anggota DPR setelah memenangkan pemilu 2020.

Di News York, Ritchie Torres, 32 tahun, akan menjadi anggota Kongres pertama yang merupakan gay kulit hitam.

Dan dia diperkirakan akan melaju bersama kandidat gay lainnya dari New York, Mondaire Jones, yang hasil pemilunya belum keluar.

Sementara itu, anggota Partai Republik, Madison Cawthorn, 25 tahun, menang di North Carolina untuk menjadi anggota Kongres pertama yang lahir pada era 1990-an.

Dan setelah mendapatkan kursi di Georgia, Marjorie Taylor Greene, 46 tahun, dilabeli oleh media Amerika Serikat sebagai "legislator pertama AS yang secara terbuka mendukung teori konspirasi QAnon"

Greene mengaku telah menjauhi teori konspirasi QAnon dalam sebuah wawancara dengan Fox News pada bulan Agustus.

Dia juga mengaku telah memecahkan rekor lainnya - menjadi perempuan pertama yang mewakili Northwest Georgia di Kongres.

Terakhir, astronaut, Mark Kelly terpilih menjadi senator yang mewakili Arizona. Tapi dia bukan mantan astronaut pertama yang menduduki kursi Senat. Mantan senator Ohio, John Glenn, adalah eks-astronaut pertama di Senat saat terpilih pada 1974 dan menjabat hingga 1999.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.bbc.com/indonesia/dunia-54820363

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemilu AS 2020: Sarah McBride menjadi senator transgender pertama - BBC News Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.