Search

40 Pengawas Pemilu di Tasikmalaya Reaktif COVID-19 Usai Rapid Test - InsertLive

Jakarta, Insertlive -

Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang. Termasuk di Tasikmalaya. Para pengawas yang bertugas mengawasi pemilu di Tasikmalaya harus menjalani rapid test sebelum pemungutan suara. Berdasarkan hasil rapid test yang dilaksanakan pada 26 Desember 2020 kemarin, tercatat 40 pengawas pemilu reaktif COVID-19. Pengawas pemilu ini terdiri dari Panwascam, pengawas kelurahan atau desa dan pengawas tempat pemungutan suara. Para petugas ini tersebar di 13 kecamatan dari 39 kecamatan.

"Kami pengawas pemilu jalani rapid test sebelum pemungutan suara. Pelaksanaan rapid test dilaksanakan serentak pada Kamis (26/11). Hasilnya memang ada 40 pengawas ad hoc yang reaktif," ucap Kordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya R Setia Surya, Jumat (27/11/2020).

Para pengawas yang terkonfirmasi reaktif COVID-19, akan langsung menjalani swab massal. Jika usai melakukan swab test dan hasilnya dinyatakan positif, maka akan dilakukan mekanisme sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

"Kalau Panwascam positif hasil swab, dilakukan isolasi mandiri. Sementara tugasnya dijalankan atau diambil alih rekanya sesama Panwascam atau Bawaslu. Jika yang positif pengawas kelurahan atau desa, tugasnya diambil Panwascam. Sementara jika ditemukan Pengawas TPS yang positif, dilakukan Pergantian Antar Waktu. PTPS Cadangan akan langsung dilantik Panwascam," tutur Setia.


Proses rapid test ini wajib dilakukan penyelenggara pemilu untuk mengantisipasi melonjaknya angka kasus terkonfirmasi COVID-19. Pelaksanaan pemungutan suara di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

Proses rapid test wajib dilakukan penyelenggara pemilu untuk antisipasi penyebaran COVID-9. Angka kasus terkonfirmasi yang semakin meningkat memang memaksa pemerintah harus memperketat protokol kesehatan agar penyebaran virus COVID-19 dapat diminimalisir. Setiap masyarakat diimbau agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar.


[Gambas:Video Insertlive]

(kpr/fik)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.insertlive.com/hot-gossip/20201127190541-7-176464/40-pengawas-pemilu-di-tasikmalaya-reaktif-covid-19-usai-rapid-test

Bagikan Berita Ini

0 Response to "40 Pengawas Pemilu di Tasikmalaya Reaktif COVID-19 Usai Rapid Test - InsertLive"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.