Search

Hasil Pemilu Presiden AS Bisa Dipantau di Situs Ini - Kompas.com - Tekno Kompas.com

KOMPAS.com - Pemilu presiden Amerika Serikat mulai digelar Selasa (3/11/2020) waktu setempat (EST), atau Rabu (4/11/2020) pagi Waktu Indonesia Barat.

Ada dua kandidat yang bertarung di pemilu presiden AS ini, yaitu Donald Trump sebagai pertahana dari Partai Republik, dan Joe Biden sebagai penantang dari Partai Demokrat.

Baik Trump maupun Biden harus bisa mengumpulkan 270 suara elektoral (electoral votes) agar bisa memenangkan pemilu.

Setiap negara bagian di AS memiliki porsi suara elektoral bervariasi berdasarkan jumlah senator dan perwakilannya. Negara bagian Florida, misalnya, memiliki porsi 29 suara elektoral, sedangkan negara bagian Georgia hanya memiliki 16 suara elektoral.

Baca juga: Serangan Siber Meningkat Jelang Pilpres AS

Nantinya, pemenang di masing-masing negara bagian akan mendapatkan seluruh suara elektoral.

Sehingga, kemenangan pemilu presiden AS bukan berdasarkan jumlah suara terbanyak dari seluruh penduduk AS, melainkan kemenangan per wilayah berdasarkan akumulasi suara elektoral tadi.

Biasanya, pemenang pemilu presiden AS dapat diketahui pada di penghujung malam pada hari pemilu (Selasa) waktu setempat, alias hari Rabu waktu Indonesia.

Tampilan hasil pemilu AS di situs Google, Bloomberg, dan New York Times.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan hasil pemilu AS di situs Google, Bloomberg, dan New York Times.

Anda bisa memantau live update terkait hasil akhir pemungutan suara pemilu presiden AS di sejumlah media internasional, seperti Bloomberg di tautan berikut, CNN di tautan berikut, atau New York Times di tautan berikut.

Selain itu, Google juga menyediakan tracking hasil Pilpres AS di laman beranda situs Google.com. Pengunjung cukup memasukkan kata kunci terkait seperti "pemilu Amerika" atau "US election", Google pun akan menampilkan tracking di urutan teratas hasil pencarian.

Baca juga: Facebook Akui Bantu Donald Trump Menangi Pilpres AS

Sama seperti electoral votes, jadwal penutupan polling sendiri bervariasi di tiap negara bagian.
Berdasarkan situs 270towin.com, hasil pemungutan suara sendiri bakal ditutup mulai dari pukul 18.00 EST (06.00 WIB) hingga pukul 01.00 EST (13.00 WIB).

Misalnya, negara bagian Florida bakal menutup pemungutan suara pada pukul 19.00 waktu setempat (07.00 WIB), sementara negara bagian California bakal menutup polling pada pukul 23.00 waktu setempat (11.00 WIB).

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://tekno.kompas.com/read/2020/11/04/10140037/hasil-pemilu-presiden-as-bisa-dipantau-di-situs-ini

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hasil Pemilu Presiden AS Bisa Dipantau di Situs Ini - Kompas.com - Tekno Kompas.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.