Search

Pemilu Amerika: Netizen China Berkomentar dengan Geli dan Ejekan soal Trump - Kompas.com - KOMPAS.com

BEIJING, KOMPAS.com -  Netizen China mengikuti proses  pemilu Amerika Serikat dengan geli dan mengejek, ketika Donald Trump mengeluh adanya penipuan besar di China dan secara keliru mengklaim kemenangan sebelum jutaan suara dihitung.

"Apakah dia menang atau kalah, misi terakhirnya adalah menghancurkan penampilan demokrasi Amerika," tulis seorang netizen di platform Weibo, pada Rabu (4/11/2020) seperti yang dilansir dari Reuters pada hari yang sama.

Netizen lainnya berkomentar, "Biarkan Trump terpilih kembali dan membawa AS jatuh.”

Baca juga: Pemilu AS Diwarnai Laporan Palsu, Twitter dan Facebook Turun Tangan

Adapun yang netizen lainnya yang menyamakan deklarasi kemenangan prematur Trump dengan mengklaim pot dalam permainan mahjong sebelum ronde selesai.

Sementara itu, kepemimpinan Partai Komunis di China sendiri dipilih melalui proses yang tertutup.

Hubungan antara China dan Amerika Serikat paling buruk dalam beberapa dekade karena berbagai perselisihan, mulai dari teknologi dan perdagangan hingga Hong Kong dan virus corona, serta didorong oleh pemerintahan Trump yang mengeluarkan rentetan sanksi terhadap Beijing.

Baca juga: Seorang Pengusaha Bertaruh Rp 73 Miliar, Jagokan Trump Bakal Menang Pemilu AS

Media pemerintah China sering memperhatikan berita negatif di Amerika Serikat, dan menjelang pemungutan suara pada Selasa (3/11/2020), menunjukkan gambar toko-toko yang ditutup untuk mengantisipasi kekerasan terkait pemilu.

“Kerusuhan semacam ini biasanya komplikasi dari pemilihan umum di negara-negara miskin, tetapi orang-orang khawatir itu akan muncul di AS. AS sedang dalam degradasi," ucap Hu Xijin, editor Global Times, tabloid nasionalistik yang diterbitkan oleh Harian Rakyat Partai Komunis, melalui Twitter-nya.

Baca juga: Tinggal Menghitung Hari, Berikut 5 Masalah Utama dalam Pemilu AS

Hu kemudian mengejek jajak pendapat pra-pemilihan yang memperkirakan kinerja yang lebih kuat oleh saingan Trump, Joe Biden.

Sebuah meme populer yang beredar online menunjukkan peta pemilu berbentuk China, diwarnai merah untuk menunjukkan bahwa Trump memiliki 270 suara elektoral.

Baca juga: 13 Fakta Sejarah Pemilu AS di Masa Kolonial yang Sangat Berbeda

Banyak yang berbagi gambar percaya kemenangan Trump akan berarti kekacauan bagi Amerika Serikat, demi keuntungan China.

Sementara itu, secara resmi Beijing belum mengungkapkan preferensi dalam pemilu AS.

“Pemilu AS adalah urusan domestik. China tidak memiliki posisi di atasnya," kata juru bicara kementerian luar negeri Wang Wenbin pada Rabu (4/11/2020).

Baca juga: Jelang Pemilu AS 2020, Ini Jadwal Debat Capres dan Daftar Topiknya

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.kompas.com/global/read/2020/11/04/195350170/pemilu-amerika-netizen-china-berkomentar-dengan-geli-dan-ejekan-soal

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemilu Amerika: Netizen China Berkomentar dengan Geli dan Ejekan soal Trump - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.