Search

Menlu Sokhonn Minta RI Jadi Pemantau Pemilu Kamboja

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Luar Negeri Prak Sokhonn meminta Indonesia mengirimkan delegasi pemantau pemilihan umum Kamboja yang akan digelar Juli mendatang.

Permintaan itu disampaikan Sokhonn saat menemui Menlu RI Retno Marsudi di Kemlu RI, Jakarta, Jumat (2/2).

“Kami mengundang Indonesia untuk mengirimkan delegasi pemantaunya demi meninjau proses pemilu mendatang yang dijadwalkan digelar 29 Juli nanti. Saya berterima kasih kepada Indonesia karena menerima undangan kami ini,” kata Sokhonn kepada wartawan seusai pertemuan bilateral dengan Menlu RI.

Sokhonn mengatakan Indonesia telah lama berkontribusi pada praktek demokrasi dan reformasi di Kamboja.

Dalam kunjungan perdana ke Jakarta kali  ini, Sokhonn  menyampaikan apresiasi pemerintahnya terhadap kontribusi Indonesia selama ini terhadap perdamaian di Kamboja. Salah satunya keterlibatan RI sebagai co-chair dalam Konferensi Perdamaian Paris 1991 terkait konflik Vietnam-Kamboja.

“Kami juga sangat berterima kasih atas bantuan dan kerja sama pemerintah Indonesia terhadap pembangunan ekonomi di Kamboja. Kamboja sangat memuji kepemimpinan Indonesia dalam menjaga perdamaian di kawasan bahkan dunia,” kata Sokhonn.


Di hadapan Retno, Sokhonn juga memuji peran Indonesia dalam mempertahankan stabilitas dan keamanan di kawasan, terutama peran RI dalam membantu penyelesaiaan krisis kemanusiaan di Rakhine, Myanmar.

Sokhonn juga mengapresiasi pemerintah Indonesia yang baru-baru ini menerima kunjungan pemimpin eks kelompok separatisme terbesar di FIlipina, Front Pembebasan Islam Moro (MILF), Al Hajj Murad Ebrahim.

Delegasi MILF berkunjung ke Jakarta, Kamis (1/2), untuk menemui Retno, Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta sejumlah perwakilan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah untuk membantu memberikan solusi rekonsiliasi di Filipina Selatan yang masih bergejolak.

“Kami sangat mengapresiasi peran Indonesia terkait perdamaian di mana Indonesia banyak berkontribusi untuk membantu tanpa mengintervensi,” kata Sokhonn.

(nat)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.cnnindonesia.com/internasional/20180202144938-106-273425/menlu-sokhonn-minta-ri-jadi-pemantau-pemilu-kamboja

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menlu Sokhonn Minta RI Jadi Pemantau Pemilu Kamboja"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.