Search

Pemilu Turki, Politikus Oposisi Tewas Ditembak

TEMPO.CO, Jakarta - Pemilihan umum Turki yang dimenangkan Recep Tayyip Erdogan diwarnai kematian setelah seorang politikus oposisi bersama dua orang lainnya tewas ditembak di hari pencoblosan, Ahad, 24 Juni 2018.

Menurut laporan koran Turki, Yenicag, sebagaimana dikutip Express, menyebutkan, Ketua Partai Iyi untuk Distrik Karacoban, Mehmet Siddik Durmaz, tewas ditembak ketika mengikuti proses pemilihan di tempat pemungutan suara di Sekolah Dasar ISE di Kopal, sebelah timur Provinsi Erzurum.

Baca: Erdogan Terpilih Jadi Presiden Turki, Raih Suara Mayoritas

Pendukung Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan konvoi saat Erdogan dinyatakan menang dalam pemilu di Istanbul, 24 Juni 2018. Partai AK juga meraih mayoritas suara di parlemen dalam pemilu legislatif yang diselenggarakan bersamaan dengan pilpres. AP

"Durmaz ditembak secara brutal oleh orang-orang kejam," bunyi pernyataan Partai Iyi melalui akun Twitter seperti diberitakan oleh harian Hurriyet. "Harus ada yang bertanggung jawab," tambahnya seraya mengucapkan belasungkawa atas kematiannya.

Durmaz tewas ditembak oleh orang tak dikenal ketika mengikuti proses pemilihan presiden dan parlemen pada Ahad kemarin.

"Sekitar 24 pejabat dari Kementerian Dalam Negeri kemari. Kami tidak bisa menerimanya," kata Husnu Yilan, oposisi dari Partai Republik Rakyat, CHP, untuk Provinsi Erzurum, mengomentari insiden penembakan tersebut.Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyapa pendukungnya di Istanbul, Turki, 24 Juni 2018. Erdogan dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilihan Presiden Turki oleh Kepala Komisi Pemilihan Umum Turki. Kayhan Ozer/Presidential Palace/Handout via REUTERS

Selain Durmaz, pelaku penembakan juga menghabisi dua nyawa pekerja partai dengan peluru tajam. "Penembakan itu berlangsung bersamaan dengan pemilihan umum yang diwarnai bentrok dan penangkapan," tulis Express.

Polisi Turki, sebelumnya, menangkap tiga orang pria membawa empat karung suara di dalam mobil yang sedang menuju salah satu tempat pemungutan suara di Suruc.

Baca: Kemenangan Erdogan sebagai Presiden Turki Disambut Positif Dunia

Erdogan dari Partai Keadilan dan Pembangunan, AKP, dinyatakan memenangkan pemilihan umum untuk Ketua Turki KPU Saidi Guven setelah meraih suara mayoritas.

Dalam penghitungan suara, Erdogan mendapatkan 52,5 persen sedangkan rival terdekatnya dari CHP Muharrem Ince, sebagaimana dilaporkan kantor berita Anadolu, memperoleh 31,5 persen suara. Dengan demikian, Recep berhak menduduki kursi Presiden Turki.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://dunia.tempo.co/read/1100612/pemilu-turki-politikus-oposisi-tewas-ditembak

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemilu Turki, Politikus Oposisi Tewas Ditembak"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.