Search

Ribuan Pengawas Pemilu Laksanakan Apel Siaga Pilkada

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE - Sebanyak 1500 pengawas pemilu mulai dari tingkat Kabupaten hingga tingkat TPS, Minggu (24/6/2018) melakukan apel siapa Pilkada di lapangan Puspenmas, Soe. Apel siaga tersebut dimaksudkan untuk menjaga koordinasi, menyatukan presepsi, menjaga kekompakan dan memastikan kesiapan jajaran pengawasan dalam pelaksanaan pengawasan Pilkada TTS dan Pilgub NTT.

Ketua Panwaslih Kabupaten TTS, Melky Fay mengatakan, untuk memastikan seluruh jajaran pengawas mulai dari tingkat Kabupaten hingga PPS siap melaksanakan tugas pengawas maka Panwaslih Kabupaten TTS berinisiatif menggelar apel siaga Pilkada. Untuk seluruh daerah Kabupaten di NTT yang melaksanakan Pilkada serentak, hanya Kabupaten TTS yang menggelar apel siaga Pilkada.

" Kita memang sengaja hingga TPS karena pelaksanaan Pilkada sudah di depan mata. Dalam apel ini kita jua menggelar apel siaga untuk mengecek kesiapan pengawas mulai dari tingkat kabupaten memberikan arahan terkait tugas dari pengawas pemilu," ungkap Melky.

Kepada para pengawas, Melky meminta untuk menjaga netralitas. Dirinya tidak enggan untuk memberikan sanksi tegas jika ada pengawas yang berani bertindak tidak netral dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

Dalam memasuki masa tenang, Melky meminta para pengawas untuk melakukan patroli untuk mencegah terjadinya money politik. Pasalnya berlajar dari pelaksanaan pemilu yang lalu, aksi money politik biasanya terjadi saat masa tenang.

" Jaga netralitas dan nama baik lembaga Panwaslih. Dalam memasuki masa tenang, lakukan patroli rutin karena sangat rawan terjadi money politik," pinta Melky.

Sementara itu, Ketua Bawaslu NTT, Thomas Djawa, SH memberikan apresiasi kepada Panwaslih Kabupaten TTS yang menggelar apel siaga Pilkada untuk memastikan semua elemen pengawas siap melaksanakan tugas pengawasan pelaksanaan pungut dan hitung suara.

Dirinya meminta seluruh pengawas pemilu untuk mencegah terjadinya politik uang dan mengawasi pendistribusian logistik yang akan berlangsung esok.

Dirinya juga mengingatkan para pengawas untuk bersikap netral dan menjaga integritas untuk mewujudkan Pilkada yang berkualitas.

" Laksanakan tugas pengawasan sesuai amat Undang-Undang. Jaga netralitas dan integritas pengawas agar bisa mewujudkan Pilkada yang berkualitas," ingatnya.

Pantauan pos kupang, Apel siaga Pilkada yang berlangsung di lapangan Puspenmas, Soe dihadiri Ketua Bawaslu NTT, Thomas Djawa, Dandim 1621 TTS Letkol Cpn.Rhino Charles Tuwo, Kejari TTS Facrhizal, Perwakilan Pemkab TTS dan 1500 pengawas Pilkada mulai dari tingkat Kabupaten hingga TPS. Usai pelaksanaan apel siaga, para anggota pengawas Pilkada berkesempatan melakukan foto bersama dengan ketua Bawaslu NTT, Thomas Djawa. Acara apel siaga ditutup dengan bonet bersama di lapangan Puspenmas, Soe. (*)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://kupang.tribunnews.com/2018/06/24/ribuan-pengawas-pemilu-laksanakan-apel-siaga-pilkada

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ribuan Pengawas Pemilu Laksanakan Apel Siaga Pilkada"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.