Search

Partai Pemenang Pemilu di Kabupaten Probolinggo Mulai Petakan Calon Pimpinan - Radar Bromo - Radar Bromo

KRAKSAAN, Radar Bromo - Pemilihan umum 2024 telah selesai dilaksanakan. Begitupun dengan penetapan caleg terpilih di Kabupaten Probolinggo. Kini sejumlah nama caleg berpotensi menjadi pimpinan dewan.

Ada 4 partai politik atau parpol yang memiliki jatah kursi pimpinan dewan Kabupaten Probolinggo.

Pertama Partai Golkar, PKB, Gerindra, dan terakhir Nasdem.

Keempat parpol ini tengah menyiapkan sejumlah nama calegnya untuk menjadi pimpinan dewan usai pelantikan nanti. Mekanisme cara untuk dijadikan pimpinan dewan, berbeda di tiap parpol.

Namun rata-rata mekanismenya melalui pengusulan ke dewan pengurus pusat atau DPP parpol masing-masing. Mekanisme uji kelayakan dan tes juga dilakukan oleh sejumlah parpol untuk memilih caleg yang akan menduduki kursi pimpinan dewan.

Seperti penunjukan kursi pimpinan dewan dari Partai Golkar. Partai yang memiliki jatah ketua dewan ini, memiliki mekanisme pengusulan terhadap DPP yang nantinya keputusan akan dilakukan oleh DPP.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma mengatakan, proses pemilihan pimpinan dewan dilakukan melalui pengusulan 3 nama ke DPP. Tiga nama yang diusulkan harus memenuhi sejumlah persyaratan.

“Kalau mengacu pada Peraturan Organisasi (PO) sebelumnya, salah satu persyaratannya ialah harus pernah menjabat sebagai anggota dewan selama satu periode, dan ada beberapa persyaratan lainnya. Sejauh ini belum ada PO terbaru dari DPP,” katanya.

Oka menyebutkan, munculnya tiga nama yang akan diusulkan ke DPP, bermuara dari hasil pleno para anggota dewan yang kembali terpilih atau petahana. Ada lima petahana yang nantinya berpotensi diusulkan menjadi ketua dewan.

“Jadi bukan diusulkan oleh DPP, melainkan hasil dari rapat pleno. Semua petahanan yang ada di kami, memiliki potensi yang sama untuk menduduki kursi ketua dewan. Apakah nanti saat pleno mengusulkan hanya satu nama? Ya bisa saja,” ujarnya.

Kelima petahana yang memiliki potensi sama dalam menduduki ketua dewan di antaranya Oka Mahendra Jati Kusuma, Bambang Rubianto, Wahid Nurahman, Joko Wahyudi, dan Nurul Laila Kusnia. “Yang jelas Ketua DPD wajib diusulkan. Kalau tahun lalu yang diusulkan ada saya, Pak Bambang dan Pak Wahid,” katanya.

Sejauh ini pihaknya masih belum bisa menetapkan nama-nama yang bakal diusulkan ke DPP untuk menduduki kursi ketua dewan.

“Sebab sejauh ini PO-nya belum turun. Yang jelas jika nanti juknisnya sudah turun, akan segera kami laksanakan,” katanya.

Di sisi lain, ketua DPC Partai Nasdem Kabupaten Probolinggo H Rifa’i mengatakan, sesuai dengan peraturan organisasi yang ada, pihaknya harus mengajukan tiga nama untuk menduduki kursi pimpinan dewan.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMifmh0dHBzOi8vcmFkYXJicm9tby5qYXdhcG9zLmNvbS9wb2xpdGlrLzEwMDQ2NDYwMzcvcGFydGFpLXBlbWVuYW5nLXBlbWlsdS1kaS1rYWJ1cGF0ZW4tcHJvYm9saW5nZ28tbXVsYWktcGV0YWthbi1jYWxvbi1waW1waW5hbtIBggFodHRwczovL3JhZGFyYnJvbW8uamF3YXBvcy5jb20vcG9saXRpay9hbXAvMTAwNDY0NjAzNy9wYXJ0YWktcGVtZW5hbmctcGVtaWx1LWRpLWthYnVwYXRlbi1wcm9ib2xpbmdnby1tdWxhaS1wZXRha2FuLWNhbG9uLXBpbXBpbmFu?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Partai Pemenang Pemilu di Kabupaten Probolinggo Mulai Petakan Calon Pimpinan - Radar Bromo - Radar Bromo"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.