Search

Emoh Abstain Pilkada 2024, PKS Gelar 'Pemilu Internal' Cari Pengganti Gibran - detikJateng

Solo -

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Solo memastikan pada Pilkada 2024 ini tidak akan abstain seperti tahun 2020. Pada pilkada tahun ini, PKS Solo telah melakukan 'pemilu internal' untuk memilih calon pemimpin Kota Solo.

Ketua DPD PKS Solo, Daryono, mengatakan pihaknya telah melakukan pemilu internal untuk mencari sosok yang bisa diusung di Pilkada Solo. Menurutnya, sosok tersebut bisa berasal dari kader internal maupun tokoh di luar PKS.

"Insyaallah tidak akan abstain, semoga tidak abstain seperti pilkada lalu. Karena kalau PKS abstain itu akan jadi masalah. Kita terus terang kemarin itu masih wait and see di Pilkada tahun ini. Bocorannya, kita sudah melakukan semacam survei, bukan survei tapi pemilu internal untuk siapa sih calon Wali Kota selanjutnya baik internal kader maupun tokoh dari luar partai," ujarnya ditemui detikJateng di Lokananta, Jumat (24/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PKS sendiri di Solo menjadi partai kedua dengan kursi terbanyak, yakni 7 kursi. Dengan mempunyai kursi yang cukup banyak ini pihaknya ingin mengusung calon sendiri.

Daryono menyebut untuk kader internal ada sekira 6 nama. Sedangkan untuk tokoh di luar partai ada 8 orang.

ADVERTISEMENT

"Dari penjaringan nama itu ada lima atau enam nama dari kader internal. sedangkan di luar partai ada tujuh atau delapan nama," ucapnya.

Dirinya mengaku tidak membuka penjaringan seperti partai lain seperti PDIP, PSI, dan Gerindra. Menurutnya, untuk mencari pemimpin Solo selanjutnya sesuai dengan suara di PKS.

"Kita tidak membuka pendaftaran, karena untuk menjadi pemimpin seperti apa suara di konstituen. Siapa menurut kita layak memimpin Kota Solo, namun itulah yang dipandang kayak untuk konstituen," bebernya.

Ia mengaku bahwa jumlah kader internal lebih sedikit dibanding tokoh dari luar partai. Hal tersebut lantaran PKS Tidak mempunyai tokoh yang mencolok.

"Ya memang hasilnya begitu. Karena jujur tokoh di PKS belum banyak. Pemilihan tokoh juga kita lakukan di internal partai kita tanyakan ke 1.000 kader PKS siapa tokoh yang layak pimpin Solo. Mereka dari berbagai profesi atau background tapi yang agak takjub karena kader PKS membuka wacana kalau dulu misal dari tokoh masyarakat dimunculkan tokoh islam sekarang enggak, lebih universal, hasilnya tunggu Senin," pungkasnya.

Simak Video "Perhatian! Aturan Penting saat Mengunjungi Pura Mangkunegaran Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(cln/apu)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMid2h0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9qYXRlbmcvYmVyaXRhL2QtNzM1NTg5My9lbW9oLWFic3RhaW4tcGlsa2FkYS0yMDI0LXBrcy1nZWxhci1wZW1pbHUtaW50ZXJuYWwtY2FyaS1wZW5nZ2FudGktZ2licmFu0gF7aHR0cHM6Ly93d3cuZGV0aWsuY29tL2phdGVuZy9iZXJpdGEvZC03MzU1ODkzL2Vtb2gtYWJzdGFpbi1waWxrYWRhLTIwMjQtcGtzLWdlbGFyLXBlbWlsdS1pbnRlcm5hbC1jYXJpLXBlbmdnYW50aS1naWJyYW4vYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Emoh Abstain Pilkada 2024, PKS Gelar 'Pemilu Internal' Cari Pengganti Gibran - detikJateng"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.