Search

Kumpulan Contoh Soal Wawancara Panwascam Pilkada 2024 - CNN Indonesia

Daftar Isi
Jakarta, CNN Indonesia --

Contoh soal wawancara Panwascam Pilkada 2024 berikut dapat dipelajari oleh peserta yang lolos ke tahap seleksi wawancara. Setelah melewati tes tertulis, para pelamar Panwascam akan melanjutkan ke tahap tes wawancara.

Panitia pengawas pemilu kecamatan atau Panwascam dibentuk oleh Bawaslu Kabupaten/Kota untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu dan pemilihan di wilayah kecamatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perekrutan untuk Panwascam telah dimulai sejak 3 Mei 2024, sesuai yang tercantum dalam Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024 mengenai Panduan Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan Tahun 2024.

Tes wawancara dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, pada 18-20 Mei 2024. Pelaksanaan tes wawancara dilaksanakan dengan sejumlah ketentuan.

ADVERTISEMENT

Di antaranya, tanya jawab dengan materi pendalaman visi-misi, motivasi calon anggota Panwaslu Kecamatan, pengetahuan tentang penyelenggaraan dan pengawasan pemilihan, tata kelola pemilihan inklusif, pengetahuan tentang kearifan lokal, serta klarifikasi terhadap rekam jejak dan tanggapan masyarakat.

Contoh soal wawancara Panwascam Pilkada 2024

Berikut kumpulan contoh soal wawancara Panwascam Pilkada 2024 yang dapat Anda pelajari.

1. Ceritakan mengenai diri Anda?

Contoh jawaban:

(Jelaskan secara singkat biodata Anda, mulai dari nama lengkap, riwayat pendidikan, riwayat kerja/organisasi, dan status pekerjaan saat ini.)

2. Selain pendidikan formal, apakah Anda memiliki keterampilan lain?

Contoh jawaban:

(Jawablah mengenai keterampilan lain yang Anda miliki, misal Anda pernah mengikuti pelatihan kepemimpinan, atau jadi pengurus suatu organisasi sosial, jawab singkat dan jangan bertele-tele, atau menjelaskan bahwa Anda mampu mengoperasikan berbagai software seperti, Ms Words, Ms Excel, dan sebagainya.)

3. Apa alasan yang membuat Anda mendaftar sebagai Panwascam?

Contoh jawaban:

Saya ingin ikut berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi agar Pemilihan Umum yang tertib dan lancar bisa terwujud dan bangsa Indonesia bisa mendapatkan pemimpin yang diinginkan dengan mekanisme yang jujur dan adil.

4. Bisakah Anda sebutkan Indikator Pemilu Demokrasi?

Jawaban:
1) Penyusunan kerangka hukum
2) Hak memilih dan untuk dipilih
3) Kampanye pemilu yang demokratis
4) Lembaga pengawas Pemilu

5. Jelaskan alasan yang tepat menjelaskan penyebab penting hadirnya Pengawas Pemilu di setiap tingkatan pada saat penyelenggaraan pemilu?

Jawaban:

Pemilu yang kerap selalu diwarnai praktik-praktik kompetisi yang tidak fair pada saat penyelenggaraan pemilu sehingga diperlukan sebuah lembaga yang dapat menjamin Pemilu atau Pemilihan yang berintegritas dan berkualitas.

6. Berapa jumlah pemilih Pemilu untuk setiap TPS?

Jawaban:

Menurut Pasal 350 UU Nomor 7 Tahun 2017 mengenai pemilu yang berbunyi Pemilu untuk setiap TPS paling banyak ada 500 orang.

7. Apakah Anda tahu struktur kelembagaan di lembaga pengawas pemilu?

Jawaban:

Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa, Pengawas TPS.

8. Bagaimana Anda memahami prinsip-prinsip tata kelola pemilihan inklusif?

Jawaban:

Saya memahami bahwa tata kelola pemilihan inklusif adalah sebuah pendekatan yang memastikan bahwa semua orang memiliki hak yang sama untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan, tanpa diskriminasi berdasarkan suku, agama, ras, gender, atau kondisi fisik.

Saya mampu mengidentifikasi dan mengatasi hambatan bagi kelompok-kelompok marginal dalam berpartisipasi dalam pemilihan, dan berkomitmen untuk membangun hubungan yang baik dengan masyarakat lokal.

9. Apakah Anda siap apabila dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu di luar jam kerja?

Jawaban:

Saya sepenuhnya siap untuk mendukung dan berpartisipasi sepenuhnya dalam tugas-tugas yang diberikan, termasuk pada waktu-waktu di luar jam kerja jika diperlukan.

Saya menganggap tanggung jawab ini sebagai sebuah komitmen penuh, dan saya siap untuk memberikan waktu dan usaha ekstra demi menjaga integritas dan kelancaran proses pemilihan ini.

10. Kontribusi apa yang dapat Anda berikan untuk posisi ini?

Jawaban:

Berdedikasi penuh dan loyal pada tugas ini serta berkomitmen untuk menjamin bahwa pemilihan umum akan berlangsung langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

11. Bagaimana Anda berencana mengintegrasikan pengetahuan tentang kearifan lokal dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Panwascam?

Jawaban:

Saya akan berusaha untuk mengintegrasikan pengetahuan tentang kearifan lokal dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan melakukan pendekatan kolaboratif dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat, seperti pemuka adat atau tokoh agama, untuk memahami nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat tersebut.

Selain itu, saya akan mengadakan pertemuan-pertemuan terbuka dengan warga setempat untuk mendengarkan aspirasi dan kebutuhan mereka secara langsung.

Seluruh informasi ini akan menjadi dasar bagi saya dalam mengambil keputusan yang sesuai dengan konteks lokal dan memastikan proses pemilihan berjalan sesuai dengan nilai-nilai dan kepentingan masyarakat setempat.

12. Terakhir, apa kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki?

Jawaban:

(Usahakan menjawab dengan tepat sesuai dengan diri sendiri dan efisien)

Saya memiliki kelebihan dalam hal kejujuran, ketepatan waktu, dan dedikasi dalam pekerjaan. Namun, terkadang saya memiliki kelemahan yaitu kecenderungan untuk lupa akan hal-hal tertentu.

Untuk mengatasi hal tersebut, saya biasanya mencatat hal-hal penting terkait pekerjaan dalam sebuah buku kecil agar tetap terorganisir dan tidak melewatkan hal-hal yang penting.

Demikian contoh soal wawancara Panwascam Pilkada 2024 untuk berlatih. Semoga bermanfaat!

(juh)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMidWh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vZWR1a2FzaS8yMDI0MDUxNjE3MTkxNy01NjEtMTA5ODU4OC9rdW1wdWxhbi1jb250b2gtc29hbC13YXdhbmNhcmEtcGFud2FzY2FtLXBpbGthZGEtMjAyNNIBeWh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vZWR1a2FzaS8yMDI0MDUxNjE3MTkxNy01NjEtMTA5ODU4OC9rdW1wdWxhbi1jb250b2gtc29hbC13YXdhbmNhcmEtcGFud2FzY2FtLXBpbGthZGEtMjAyNC9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kumpulan Contoh Soal Wawancara Panwascam Pilkada 2024 - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.