Search

45 Anggota DPRD Kota Malang Terpilih Hasil Pemilu 2024 Wajib Serahkan LHKPN Sebelum Pelantikan - Liputan6.com

Liputan6.com, Malang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan 45 calon terpilih DPRD Kota Malang hasil Pemilu 2024. Bila sesuai jadwal yang telah disusun, mereka bakal dilantik pada 24 Agustus mendatang.

Sebelum resmi dilantik sebagai anggota DPRD Kota Malang periode 2024-2029, para legislator itu wajib menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas, mengatakan para calon terpilih harus menyampaikan tanda terima pelaporan LHKPN ke pihak penyelenggara pemilu maksimal 21 hari sebelum pelantikan.

“Kalau sampai batas maksimal belum diserahan, maka KPU tidak akan menyantumkan nama anggota terpilih itu,” kata Aminah usai Rapat Pleno Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Malang, Selasa, 28 Mei 2024.

Artinya, karena namanya tak dicantumkan maka calon terpilih bisa ditunda atau tidak ikut dilantik sebagai anggota dewan. Kewajiban penyampaian tanda terima laporan harta kekayaan itu diatur lewat Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2024 dalam Pasal 52.

"Tidak menggugurkan sebagai calon terpilih. Kalau posisinya diganti atau tidak, itu menunggu ketentuan selanjutnya karena ada aturan tersendiri terkait hal itu," ujar Aminah

Penetapan perolehan kursi parpol dan calon terpilih yang baru saja digelar juga merujuk PKPU itu. Yakni setelah selesainya Perselisihan Hasil Pemilu seiring amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dibacakan pada 24 Mei lalu.

MK menolak gugatan yang diajukan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terkait perolehan suara pada Pileg 2024 di Daerah Pemilihan 5 Kota Malang dan tak memerintahkan rekapitulasi ulang. Artinya, hasil rekapitulasi KPU Kota Malang sudah bersifat final.

“Maka penetapan kursi dan anggota terpilih DPRD Kota Malang hari ini mengacu pada rekapitulasi yang telah dilakukan beberapa waktu lalu,” ucap Aminah.

Nama Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak semakin kuat untuk menjadi bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, dalam Pilkada Provinsi Jawa Timur. Setelah keduanya diusung oleh Partai Golkar, kini Khofifah - Emil Dardak dalam waktu dekat...

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMijQFodHRwczovL3d3dy5saXB1dGFuNi5jb20vc3VyYWJheWEvcmVhZC81NjA2NDcwLzQ1LWFuZ2dvdGEtZHByZC1rb3RhLW1hbGFuZy10ZXJwaWxpaC1oYXNpbC1wZW1pbHUtMjAyNC13YWppYi1zZXJhaGthbi1saGtwbi1zZWJlbHVtLXBlbGFudGlrYW7SAYMBaHR0cHM6Ly93d3cubGlwdXRhbjYuY29tL2FtcC81NjA2NDcwLzQ1LWFuZ2dvdGEtZHByZC1rb3RhLW1hbGFuZy10ZXJwaWxpaC1oYXNpbC1wZW1pbHUtMjAyNC13YWppYi1zZXJhaGthbi1saGtwbi1zZWJlbHVtLXBlbGFudGlrYW4?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "45 Anggota DPRD Kota Malang Terpilih Hasil Pemilu 2024 Wajib Serahkan LHKPN Sebelum Pelantikan - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.