Search

Warga Baduy Ikut Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024 - detikNews

Jakarta -

Masyarakat adat Baduy mengikuti simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024 di Desa Kenekes, Kecamatan Leuwidamar, Lebak, Banten. Simulasi dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak.

"Alhamdulillah hari ini KPU Lebak bisa melakukan simulasi di sini (Desa Kanekes). Kita lakukan secara real sesuai dengan aslinya, proses pemungutan dimulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB," kata Ketua KPU Lebak Ni'matullah dalam keterangannya, Minggu (24/12/2023).

Warga Baduy yang mengikuti simulasi ada 273 orang. Mereka adalah pemilih tetap di Kampung Kadu Ketug atau di tempat pemungutan suara (TPS) 01.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Simulasi dilakukan dari warga menyerahkan surat panggilan kepada petugas KPPS. Kemudian dilanjut menerima surat suara, mencoblos di bilik suara, memasukkan ke dalam kotak suara hingga mencelupkan jari ke tinta yang disediakan.

"Simulasi ini menjadi bagian dari sosialisasi kita, terutama bagi masyarakat di Desa Kanekes. Di sini bisa dilihat apa saja yang kurang dan harus diantisipasi," tuturnya.

KPU berharap warga adat Baduy bisa memberikan hak suara saat pelaksanaan Pemilu 2024. KPU berharap pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak, termasuk juga masyarakat yang antusias ikut simulasi ini. Terutama KPPS yang menjadi ujung tombak dari seluruh tahapan dan SDM di KPU, karena itu harus disiapkan supaya tidak ragu," kata Ni'matullah.

Dalam kesempatan yang sama, warga Baduy bernama Warti mengaku sempat kesulitan mencari nama calon legislatif yang jadi pilihannya. Ia juga mengaku kesulitan saat melipat kembali surat suara setelah memberikan hak pilihnya.

"Iya sudah ikut simulasi. Tadi ada kesulitan, susah waktu nyari nama (legislatif) dan melipat. Tapi semua dicoblos. Udah, udah punya pilihan," ujar Warti.

Simak Video 'Analisis Drone Emprit saat Debat Cawapres, Siapa Paling Banyak Dibicarakan?':

[Gambas:Video 20detik]

(whn/whn)

Pantau Pemilu

Cek rekam jejak, visi misi, profil, hingga berita terkini pasangan Capres dan Cawapres favoritmu di Pemilu 2024 sekarang!

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiXmh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzEwNzIyMS93YXJnYS1iYWR1eS1pa3V0LXNpbXVsYXNpLXBlbXVuZ3V0YW4tc3VhcmEtcGVtaWx1LTIwMjTSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Warga Baduy Ikut Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024 - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.