Search

TPN Ganjar-Mahfud Minta Pembagian Bansos Ditunda Sampai Pemilu 2024 Selesai - detikNews

Jakarta -

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md meminta pemerintah untuk menunda penyaluran bantuan sosial (bansos) sampai kontestasi Pemilu 2024 selesai. TPN Ganjar-Mahfud menilai hal itu harus dilakukan untuk menghindari kecurigaan menguntungkan pasangan capres dan cawapres tertentu.

"Pejabat pemerintah sangat rentan dicurigai bagi-bagi bansos dan itu menguntungkan paslon tertentu. Mudah-mudahan saya salah. Tapi persepsi publik seperti itu. Sebaiknya pejabat pemerintah menunda pembagian bansos sampai selesai pilpres, agar tidak menimbulkan kecurigaan dan prasangka," kata Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Todung Mulya Lubis, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/12/2023).

Todung meminta pemerintah untuk mempertimbangkan usulan tersebut. Todung menyebut pembagian bansos saat kontestasi politik rentan dimanfaatkan pihak tertentu untuk meraup suara rakyat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tapi menurut saya dalam konteks pilpres dan pemilu sebaiknya itu tidak dilakukan, sampai pilpres ini selesai. Jangan ada pihak yang mengambil keuntungan dari situasi semacam ini," imbuhnya.

Todung juga menyarankan Bawaslu sebagai pengawas untuk melakukan investigasi jika ada pembagian bansos saat masa pemilu. Jika tetap ada pembagian, kata Todung, harus dipastikan bansos tersebut betul-betul dari pemerintah.

"Jadi saya minta Bawaslu untuk melakukan investigasi misalnya terhadap semua pembagian Bansos, karena pada hakekatnya, Bansos itu adalah program pemerintah," tuturnya.

Todung menyadari sarannya terkait penundaan pembagian bansos tersebut akan menuai pro dan kontra karena menyangkut kebutuhan rakyat Indonesia. Namun, dia menegaskan hal tersebut perlu dilakukan untuk memastikan pemilu berjalan adil dan lancar.

"Saya tadi mengatakan bahwa apa yang saya katakan itu, mengenai penundaan bansos itu tidak populer, pasti banyak yang tidak suka pasti saya akan dikritik, mungkin saya akan dibully setelah ini. Silahkan saja, tapi saya bicara dalam tatanan public policy, kebijakan publik," kata dia.

"Jadi menurut saya hal-hal semacam ini potensi pelanggarannya sangat banyak karena itu dalam public policy itu diminta untuk ditunda sampai proses Pemilu selesai," pungkasnya.

Simak juga Video 'Survei LSI Denny JA: Prabowo-Gibran 43,3%, AMIN 25,3%, Ganjar-Mahfud 22,9%:

[Gambas:Video 20detik]

(wnv/whn)

Pantau Pemilu

Cek rekam jejak, visi misi, profil, hingga berita terkini pasangan Capres dan Cawapres favoritmu di Pemilu 2024 sekarang!

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMic2h0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzExNTM4MS90cG4tZ2FuamFyLW1haGZ1ZC1taW50YS1wZW1iYWdpYW4tYmFuc29zLWRpdHVuZGEtc2FtcGFpLXBlbWlsdS0yMDI0LXNlbGVzYWnSAXdodHRwczovL25ld3MuZGV0aWsuY29tL3BlbWlsdS9kLTcxMTUzODEvdHBuLWdhbmphci1tYWhmdWQtbWludGEtcGVtYmFnaWFuLWJhbnNvcy1kaXR1bmRhLXNhbXBhaS1wZW1pbHUtMjAyNC1zZWxlc2FpL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "TPN Ganjar-Mahfud Minta Pembagian Bansos Ditunda Sampai Pemilu 2024 Selesai - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.