Search

Webinar Pemilu Rakyat 2020: Pilkada Serentak di Tengah Pandemi - iNews

JAKARTA, iNews.id - Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 dihadapkan pada tantangan baru. Bila selama ini berkutat pada teknis pemilihan dan keamanan, kini potensi penularan Covid-19 menjadi faktor yang tak bisa disepelekan.

Pandemi telah membuat tahapan pesta demokrasi tingkat daerah itu berubah drastis. Semula dijadwalkan pada 6 Juni 2020, pemungutan suara akhirnya diputuskan mundur pada 9 Desember 2020.

Pemerintah bersama DPR serta KPU dan Bawaslu sepakat menetapkan jadwal baru pilkada setelah hampir semua daerah di Indonesia terpapar virus corona. Sampai Minggu (14/6/2020), misalnya, kasus positif terinfeksi menembus 38.277 orang yang tersebar di 34 provinsi.

KPU menyatakan, rangkaian tahapan Pilkada Serentak 2020 terus berjalan. Pada awal Juli mendatang, KPU akan menggelar simulasi pemilihan. Uji coba ini untuk menggambarkan bagaimana pemungutan suara nanti dilaksanakan, di tengah bayang-bayang pandemi yang belum usai.

“Simulasi akan kita laksanakan sebagaimana peraturan KPU tentang penyelenggaraan di masa bencana,” kata Ketua KPU Arief Budiman, Jumat (12/6/2020).

Apa dan bagaimana model pemilihan ke depan? Seperti apa protokol kesehatan yang diterapkan? Bagaimana pula persiapan penyelenggaraan sejauh ini?

Berbagai hal tersebut yang akan dikupas dalam Webinar Pemilu Rakyat 2020: Pemilu Serentak di Tengah Pandemi, Selasa (16/6/2020) besok, pukul 13.00-15.00 WIB. Hadir sebagai narasumber yakni Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, Mendagri Tito Karnavian, anggota Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia dan Ketua KPI Agung Suprio.

Webinar yang diselenggarakan stasiun televisi iNews dan portal berita iNews.id ini akan dipandu moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Diskusi virtual dapat disaksikan melalui live streaming di akun Youtube Official iNews dan iNews Portal serta website iNews.id. Adapun pendaftaran dapat dilakukan di https://bit.ly/37tfYv7.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.inews.id/news/nasional/webinar-pemilu-rakyat-2020-pilkada-serentak-di-tengah-pandemi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Webinar Pemilu Rakyat 2020: Pilkada Serentak di Tengah Pandemi - iNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.