Search

Presiden Bolivia Usul Tunda Pemilu Gegara Corona - detikNews

Sucre -

Presiden Bolivia Jeanine Anez mengusulkan penundaan pemilihan umum. Menurutnya pemilu harus ditunda mengingat situasi di Bolivia yang belum kondusif akibat pandemi Corona (COVID-19).

"Menunda mungkin selama sebulan atau dua bulan tidak akan menyakiti siapa pun," kata Anez dilansir dari AFP, Rabu (17/6/2020).

Ditundanya pemilihan umum diyakini sebagai langkah yang brilian demi kesehatan warga Bolivia. Namun, Anez tetap akan tunduk pada keputusan Mahkamah Pemilihan Umum.

"Mematuhi semua yang ditetapkan oleh Mahkamah Pemilihan Umum, karena kita semua menginginkan pemilihan (umum)," imbuhnya.

Lembaga legislatif di Bolivia sebelumnya telah menyetujui pemilu jatuh pada tanggal 6 September 2020. Keputusan ini telah disepakati Mahkamah Pemilihan Umum serta partai.

Ketua Majelis Pemilihan Umum Bolivia, Salvador Romero, dalam sebuah wawancara dengan salah satu stasiun TV mengatakan pemerintah harus menetapkan tanggal pemilihan umum. Hal itu untuk memberikan kepastian bagi warga.

"Untuk memberikan kepastian kepada warga dan negara tentang perayaan proses pemilihan yang penting bagi demokrasi di Bolivia," tutur Romero.

Diketahui, otoritas Bolivia telah mencatat 19.000 kasus infeksi Corona dengan 632 kematian.

(isa/isa)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.detik.com/internasional/d-5056502/presiden-bolivia-usul-tunda-pemilu-gegara-corona

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Presiden Bolivia Usul Tunda Pemilu Gegara Corona - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.