Search

Bertemu Dubes Korsel, Mendagri Dapat Masukan Pelaksanaan Pemilu Saat Pandemi - detikNews

Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia Kim Chang-beom. Dalam pertemuan itu, Tito mendapat masukan mengenai pelaksanaan pemilu legislatif di tengah pandemi Corona (COVID-19).

"Siang ini saya menerima kunjungan Dubes Korea Selatan untuk Indonesia. Kita tadi berdiskusi mendapat masukan dari Bapak Dubes mengenai pelaksanaan pemilu legislatif nasional di Korea Selatan yang telah terlaksana pada 15 April lalu," ujar Tito di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin (8/6/2020).

Tito turut menjelaskan bagaimana protokol kesehatan bagi pemilih yang positif Corona. Menurutnya, penggunaan alat pelindung diri (APD) hanya dapat digunakan bagi pemilih yang positif COVID-19 atau yang sedang dikarantina.

"Ada protokol-protokol kesehatan yang dilakukan, termasuk perlakuan hak pilih para yang positif, hak pilih mereka yang sedang dikarantina, dan kemudian hak pilih untuk para pemilih umum bagaimana alat protektif untuk melayani pemilih positif, melayani pemilih yang sedang dikarantina dan kemudian jenis-jenis protektif apa yang dipakai pada saat pemilihan pada umumnya. Pada saat pemilihan umum mereka menggunakan face shield, masker dan glove, APD digunakan untuk yang positif dan karantina," ucapnya.

Tito mengatakan, pelaksanaan pileg tahun ini di Korsel memiliki jumlah partisipan yang paling tinggi setelah tahun 1992. Menurutnya jumlah partisipan pileg pada tahun ini mencapai 62,2% meski dilaksanakan di tengah pandemi.

"Korea Selatan tetap melaksanakan sesuai jadwal pemilunya 15 April, tadi kita dapat masukkan bagaimana hasilnya malah sangat menarik, karena semenjak 1992, angka partisipasi tertinggi 62,2% di tahun lalu 58%. Jadi tertinggi semenjak 1992, itu menarik sekali," ucapnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.detik.com/berita/d-5045308/bertemu-dubes-korsel-mendagri-dapat-masukan-pelaksanaan-pemilu-saat-pandemi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bertemu Dubes Korsel, Mendagri Dapat Masukan Pelaksanaan Pemilu Saat Pandemi - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.