Search

Serbia Gelar Pemilu saat Pandemi, Warga Usia di Atas 65 Tahun Tak Bisa Ikut - Suara.com - Suara.com

Suara.com - Warga Serbia berpartisipasi dalam pemilihan umum untuk parlemen baru yang diadakan pada Minggu (21/6). Lantaran berlangsung di tengah pandemi, warga yang berusia di atas 65 tahun tidak bisa mengikuti pemilu dengan alasan kesehatan.

Menyadur Channel News Asia, pemilu Serbia ini menjadi pemilihan pertama di Eropa yang diadakan semenjak tiga bulan penguncian ketat akibat wabah virus corona.

Guna mencegah sebaran virus selama pemilihan yang diikuti oleh 5,5 juta orang, otoritas berwenang pun menerapkan sejumlah protokol kesehatan seperti mewajibkan penggunaan masker dan menyediakan hand sanitizer di tempat pemungutan suara.

Dengan adanya virus corona, beberapa warga memutuskan untuk tidak menggunakan hak pilih, terutama bagi mereka yang berisiko tinggi seperti lansia.

"Sejumlah pemilih dengan usia di atas 65 tahun tidak akan memilih lantaran khawatir akan terinfeksi," ujar Bojan Klacar, direktur eksekutif jajak pendapat CESID.

Baca Juga: Napoli Juara Coppa Italia, Presenter Seksi Ini Nekat Pamer Pose Nakal

Presiden Serbia Aleksandar Vucic. (Foto: AFP)
Presiden Serbia Aleksandar Vucic. (Foto: AFP)

Berdasarkan jajak pendapat terbaru, Partai Rakyat Serbia (SNS) milik Presiden Serbia Aleksandar Vucic, akan mengumpulkan sekitar 50 persen suara, didorong oleh kepercayaan publik yang meluas terkait kinerja pemerintah dalam menangani pandemi virus corona.

Sementara mitra koalisi Vucic, Parta Sosialis, diperkirakan akan berada di urutan kedua dengan suara sekita 10 persen, menyusul kemudian partai oposisi kanan yang dipimpin oleh Walikota Beograd Aleksandar Sapic yang diperkirakan berada di posisi ketiga.

Lebih lanjut disebutkan, para pemilih sebagian besar mendukung upaya koalisi Vucic untuk mendorong keanggotaan Serbia di Uni Eropa sembari mempertahankan ikatan yang kuat dengan Rusia dan China.

Baca Juga: Erdogan Puji Sistem Kesehatan Turki, Ungkap Strategi Lawan Virus Corona

Negara dengan populasi 7,2 juta jiwa ini mencatatkan total infeksi virus corona mencapai 12.803 dengan 260 kematian. Adapun Serbia telah mencabut pembatasan sejak 22 Mei lalu.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.suara.com/news/2020/06/21/202250/serbia-gelar-pemilu-saat-pandemi-warga-usia-di-atas-65-tahun-tak-bisa-ikut

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Serbia Gelar Pemilu saat Pandemi, Warga Usia di Atas 65 Tahun Tak Bisa Ikut - Suara.com - Suara.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.