Search

DPR Minta Penyelenggara Fokus pada Pemilu, Tak Perlu Belanja Keperluan Pilkada | merdeka.com - Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi II DPR RI meminta agar pembelanjaan barang yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 tidak dibebankan kepada penyelenggara pemilu. Sehingga KPU, Bawaslu, dan DKPP bisa fokus pada pelaksanaan pemilu.

Ketua Komisi II, Ahmad Doli Kurnia, mengatakan merebaknya pandemi Covid-19 tentu membuat penyelenggara pemilu membutuhkan dukungan ketersediaan alat kesehatan dalam menjalankan tahapan-tahapan Pilkada serentak.

"Misalnya APD lengkap untuk penyelenggara, masker, sarung tangan, hand sanitizer yang juga nanti diberikan kepada pemilih," ujar Ahmad Doli saat rapat Mendagri, Menteri Keuangan, Kepala Gugus Tugas, dan dan lembaga penyelenggara pemilu, Kamis (11/6).

Menurut Politikus Golkar ini, patut diakui bahwa penyelenggara pemilu mesti fokus pada teknis penyelenggaraan pemilu. Karena itu, belanja barang-barang yang dibutuhkan tersebut, sebaiknya tidak dilakukan oleh penyelenggara pemilu.

"Kami sebetulnya mendorong agar pengadaan barang-barang ini juga tidak dilakukan oleh pihak penyelenggara. Karena penyelenggara sudah banyak sekali pekerjaan dalam melaksanakan teknis-teknis kepemiluannya," ujar dia.

"Jadi kalau bisa demi menjaga kualitas demokrasi juga kita lebih baik tidak membebankan pengadaan-pengadaan barang itu kepada mereka (penyelenggara pemilu)," imbuhnya.

Sebelumnya, kata Doli, pihaknya sudah menggelar rapat dengan tiga lembaga penyelenggara pemilu. Dalam rapat yang digelar 3 Juni tersebut, pihaknya meminta penyelenggara mengusulkan kebutuhan barang untuk mendukung pelaksanaan Pilkada serentak.

"Kami sengaja meminta supaya pengajuan itu dirinci berdasarkan kebutuhan-kebutuhan barang yang dibutuhkan sehingga dalam rapat 3 Juni. Kami ambil kesimpulan mengusulkan agar pengadaan barang tambahan yang dibutuhkan yang 80-90 persen itu adalah barang-barang yang sama dengan yang dikonsolidasikan oleh pemerintah khususnya oleh Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini adalah barang yang sama," tandasnya. [lia]

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.merdeka.com/politik/dpr-minta-penyelenggara-fokus-pada-pemilu-tak-perlu-belanja-keperluan-pilkada.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "DPR Minta Penyelenggara Fokus pada Pemilu, Tak Perlu Belanja Keperluan Pilkada | merdeka.com - Merdeka.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.