Search

18.300 Kotak Surat Suara Pemilu 2019 Nyaris Hancur, Ditumpuk di Halaman Kantor KPU Nganjuk - Surya

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Sekitar 18.300 unit kotak surat suara Pemilu yang menumpuk di halaman Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk kondisinya semakin memprihatinkan.

Ini setelah Kotak Suara yang berbahan kertas tersebut mulai mengalami kerusakan akibat terkena air hujan.

Ketua KPU Kabupaten Nganjuk, Pujiono mengatakan, sejak pertengahan tahun 2019 lalu pihaknya sudah melaporkan keberadaan Kota Suara Pemilu ke KPU Pusat dan KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang).

Di mana lembaga tersebut yang berhak dan berwenang menangani Kotak Suara Pemilu di Kabupaten Nganjuk yang ditumpuk di halaman terbuka karena tidak adanya gudang penyimpanan.

"Kalau melihat kondisi kotak suara Pemilu itu kami ya prihatin, tapi mau bagaimana lagi karena tidak segera ada proses lanjutan dari KPKNL. Sementara kami tidak memiliki gudang dan biaya untuk melakukan perawatan dan penyimpanan yang representatif," kata Pujiono, Senin (15/6/2020).

Dijelaskan Pujiono, setelah selesainya tahapan Pemilu sejak tanggal 20 Oktober 2019 lalu maka logistik pemilu berupa Kota Surat Suara tersebut menjadi kewenangan dari KPKNL.

KPU Kabupaten Nganjuk tidak memiliki kewenangan apapun terhadap logistik Kota Surat Suara tersebut.

Sebelumnya, menurut Pujiono, Kota Surat Suara Pemilu di Kabupaten Nganjuk tersebut sempat disimpan di salah satu gudang yang disewa oleh KPU Nganjuk.

Namun biaya sewa gudang yang mencapai Rp 500 ribu per hari tidak lagi dapat disediakan oleh KPU Nganjuk sehingga terpaksa menempatkan Kotak Surat Suara Pemilu terbuat dari kertas tersebut di halaman terbuka.

"Kami sebenarnya tidak tega juga menempatkan logistik pemilu di halaman seperti itu. Tapi mau bagaimana lagi hanya itu yang bisa dilakukan sambil menunggu tindak lanjut dari KPKNL," ucap Pujiono.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://surabaya.tribunnews.com/2020/06/15/18300-kotak-surat-suara-pemilu-2019-nyaris-hancur-ditumpuk-di-halaman-kantor-kpu-nganjuk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "18.300 Kotak Surat Suara Pemilu 2019 Nyaris Hancur, Ditumpuk di Halaman Kantor KPU Nganjuk - Surya"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.